Ingatkan Kewajiban Gelar RAT, Awal 2024 Diskopukmperindag Tabalong Segera Evaluasi Koperasi

0

PEMKAB Tabalong mendorong agar koperasi yang ada di daerahnya rutin menghelat rapat anggota tahunan (RAT), karena menjadi faktor penentu keberlanjutan model badan usaha dengan semangat gotong royong.

PESAN ini diutarakan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setdakab Tabalong, Zulfan Noor, usai membuka pendidikan dan pelatihan manajemen perkoperasian bagi pengurus dan pengawas koperasi di Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT KUMKM) Tabalong, Tanjung, Selasa (8/8/2023).

“RAT kopeasi merupakan bagian penting dalam upaya perbaikan manajemen koperasi. Selain itu, RAT turut berperan dalam upaya evaluasi program kerja untuk keberlanjutan koperasi,” papar Zulfan.

Dia berharap pengelola koperasi bisa memperbaiki manajemen perkoperasian sehingga mampu memperkuat koperasi dalam menghadapi Ibukota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

BACA : Berkat Inovasi ‘Si Julakwasi’, Inflasi Turun, Pemkab Tabalong Dapat Insentif Daerah Rp 21 Miliar

Senada itu, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kabupaten Tabalong, Syam’ani memastikan pada 2024 mendatang akan dijalankan program evaluasi seluruh koperasi yang ada di daerah.

“Sebab, dari 55 koperasi yang aktif, baru 24 koperasi yang melaksanakan RAT dengan berbagai kendala. Terutama, membuat laporan keuangan serta mengumpulkan seluruh anggota agar bisa RAT. Ke depan, kami berharap koperasi bisa menggelar RAT tepat waktu, karena itu merupakan kewajiban bagi setiap koperasi,” papar Syam’ani.

BACA JUGA : Peringati Hari Koperasi ke -75, Diskopukmperindag Tabalong Gelar Kegiatan Donor Darah

Diklat manajemen perkoperasian bagi pengurus dan pengawas koperasi berlangsung di PLUT KUMKM Tabalong, Tanjung berlangsung pada 8-11 Agustus 2023 diikuti 30 peserta perwakilan koperasi yang ada di Kabupaten Tabalong.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.