Pemulangan Jamaah Haji Berakhir, Tambrin: Tahun Depan Daftar Tunggu 36 Tahun Siap Diberangkatkan

0

PEMULANGAN jamaah haji Debarkasi Banjarmasin Tahun 2023 resmi berakhir, dengan kedatangan jamaah haji kloter terakhir yang berasal dari daerah Kalsel (Banjarmasin, HSS, Kotabaru, Tanah Laut, Balangan, Banjar, Tapin, Banjarbaru) dan Kalteng (Kotawaringin Timur), Kamis (3/8/2023) lalu.

KEPALA Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin mengucapkan terima kasih kepada semua PPIH Embarkasi/Debarkasi Banjarmasin, baik yang terlibat secara langsung atupun tidak langsung pada proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Tahun 2023.

“Terimakasih kepada semuanya, atas koordinasi dan kerjasama yang baik, Kita dapat menyelesaikan dan memberangkatkan dan memulangkan sejumlah 18 kloter. Hanya Allah yang bisa membalas dan menghitung kontribusi dan sumbangsih saudara semuanya, sehingga operasional penyelenggaraan ibadah haji Tahun 2023 dapat terlaksana dengan lancar dan baik,” ujarnya dengan jejakrekam.com, Jumat (4/8/2023).

Tambrin menambahkan, pihaknya akan mempersiapkan rencana calon jamaah Haji Tahun 1445 H/2024 M, yang diperkirakan beberapa bulan lagi sudah akan berjalan.

BACA: Dilepas H Sahbirin Noor, Kloter Pertama Jamaah Haji Kalsel Bertolak Ke Tanah Suci

“Jatah kuota untuk salon jamaah haji asal Kalimantan Selatan untuk Tahun 2024 tidak jauh beda dengan Tahun 2023, yakni sekitar 3.900an jamaah, dan mereka ini daftar tunggu selama 36 tahun,” ujarnya.

“Sedangkan untuk jumlah kelompok terbang (kloter) tergantung besarnya badan pesawat. Seperti tahun 2023, jumlah kloter Embarkasi Banjarmasin sebanyak 18 kloter, tapi ini pesawatnya berbadan sedang, kalau pesawatnya berbadan besar, mungkin tidak sebanyak itu,” ucapnya.

BACA JUGA : Antrean 36 Tahun Dijatah 3.818 Jamaah, Kemenag Kalsel Minta Tambahan Kouta Haji

“Kemungkinan keberangkatan jamaah haji tahun depan akan dimulai sekitar bulan April 2024, tentu dalam hal ini proses administrasi dan pembayaran sudah selesai sekitar Maret tahun depan,” bebernya.

“Kita bekerja terus maksimal, semoga pelayanan haji tahun depan lebih baik lagi, ini tentu dukungan semua pihak dan seluruh masyarakat Kalimantan Selatan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.