Minim Keterwakilan Perempuan, 28 Nama Calon Komisioner Bawaslu 4 Daerah di Kalsel Diajukan ke Bawaslu RI

0

TIM Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan Wilayah II mengumumkan hasil tes kesehatan dan wawancara.

PARA calon komisioner yang lolos merupakan hasil seleksi dari 20 nama dan 12 besar lewat serangkaian tes guna mendapatkan tiket untuk melaju menuju uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) oleh Bawaslu RI.

Melalui pengumuman  bernomor 011/KP.01/Timsel.K.K-02/KS/07/2023, mereka yang dinyatakan terpilih dan menjadi perganti antar waktu (PAW) masa jabatan komisioner Bawaslu 2023-2028.

Sebanyak 28 nama calon anggota Bawaslu kabupaten/kota ini terdiri 4 daerah dari 6 nama bertugas di Bawaslu Kabupaten Barito Kuala (Batola). Berikutnya, 6 calon anggota Bawaslu Kabupaten Tapin, serta 6 calon komisioner yang akan dinyatakan terpilih dan jadi PAW guna bertugas di Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

BACA : Tinggal Fit And Proper Test, Ini Daftar Nama Calon Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota Di Wilayah I Kalsel

Sama seperti formasi calon anggota Bawaslu kabupaten/kota wilayah I yang minim keterwakilan perempuan, hal serupa juga terjadi di wilayah II. Hanya di Bawaslu Kabupaten HSS terdapat dua nama calon komisioner perempuan dan 1 nama di Bawaslu Kota Banjarmasin.

“Sebanyak 28 nama calon komisioner yang lolos tes kesehatan dan uji wawancara di empat kabupaten/kota di Kalsel yang masuk wilayah II selanjutnya kami serahkan ke Bawaslu RI di Jakarta. Nantinya, Bawaslu RI yang akan melanjutkan dengan fit and proper test,” ucap Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi Kalsel Wilayah II, Varinia Pura Damaiyanti kepada jejakrekam.com, Selasa (1/8/2023).

Diakui akademisi FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dalam formasi calon komisioner lembaga pengawas itu memang minim keterwakilan perempuan. Karena, mayoritas dari deretan nama itu didominasi kalangan laki-laki.

BACA JUGA : 5 Komisioner Diisi Laki-Laki, Aries Mardiono Terpilih Aklamasi Jabat Ketua Bawaslu Kalsel

“Nantinya, mereka akan disaring lewat fit and proper test oleh Bawaslu RI guna dipilih lima komisioner terpilih di Kota Banjarmasin dan tiga komisioner terpilih di Kabupaten Batola, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Tapin,” papar Varinia.

Namun dia memastikan mereka yang lolos adalah peserta seleksi terbaik karena dalam tahapan serangkaian tes melalui proses yang jujur, baik dan berintegritas.

“Kami tetap berpatokan dengan peraturan perundang-undangan. Berdasar amanat UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu),” kata Varinia.

BACA JUGA : Dari Rekrutmen Timsel Tidak Transparan Bisa Menghasilkan Komisioner KPU Tak Berkompeten

Alhasil, timsel diketuai Varinia Pura Damaiyanti, Arif Rahman Hakim, Syaifur Rahman, Yassiana Damhudie dan Willy Ramadan membubuhkan tanda tangannya dalam pengumuman tersebut.

“Bagi masyarakat dimohon untuk memberi tanggapan tertulis terhadap nama-nama calon anggota Bawaslu kabupaten/kota di Provinsi Kalsel wilayah II, yang ditujukan ke Ketua Bawaslu RI. Identitas pelapor dirahasikan,” papar Varinia.

Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi Kalsel Wilayah II yang lolos ke tahap fit and proper test :

Bawaslu Kabupaten Barito Kuala :

1. Muhammad Syaifi

2. Muhammad Noor

3. M.Amin Mustika Muda Ginting

4. Fakhruraji

5. Rudi Ramadlan

6. Rizkia Fauzah

Bawaslu Kabupaten HSS :

1. Masridah

2. Desi Dewi Wahyuni

3. Hasnan Fauzan

4. Kamaludin

5. Henry

6. Muhammad Naser

Bawaslu Kota Banjarmasin :

1. Berkatullah Amin

2. Masbukhin

3. Akhmad Asysyauri

4. Muhammad Fachriza Noor

5. Muhammad Yasir

6. Makhmud

7. Muhammad Yasar.

8. Mastawan

9. Nur Mahya

10. Fata Nugraha Robbyan

Bawaslu Kabupaten Tapin :

1. Santoso.

2. Untung Prasyatyo Fahrurahman

3. A Fadzlur Rahman

4. Fathur Rahman Nor

5. Abid Fikasi Gulo

6. Arridla. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.