Berbaur Dengan Ribuan Jamaah, Wabup Banjar Hadiri Haul Datu Bagul

0

WAKIL Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie hadiri Peringatan Haul Syekh Aminullah (Datu Bagul) di Desa Keramat Baru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Minggu (16/7/2023).

PEMBACAAN maulid habsyi oleh rombongan Langgar Raudhatul Taqwa asal Desa Melayu Tengah pimpinan Guru Muhammad Sonhaji, mengawali peringatan haul Syekh Aminullah (Datu Bagul).

Peringatan haul ulama asal Persia tersebut, dihadiri Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie, berbaur dengan ribuan jemaah yang meluber hingga perkebunan karet di sekeliling bangunan makam almarhum.

BACA : Disambut Syair Salawat, Wabup Banjar Hadiri Haflatul Ikhtitam Ponpes Sabilal Muhtadin

Habib Idrus Al Habsyie mengatakan, bersyukur dapat bersilaturahmi dengan para alim ulama dan habaib, juriat almarhum serta jemaah.

Menurutnya, banyaknya jumlah jamaah sebagai salah satu wujud kecintaan masyarakat terhadap aulia untuk mengenang semua kebaikan dan jasa-jasa yang diberikan almarhum semasa hidupnya.

”Haul ini menjadi media kita untuk mengingat jasa-jasa beliau dan memupuk rasa kebersamaan. Semoga kita semua mendapatkan berkah, rahmat dan magfirahNya,” ucapnya.

BACA JUGA : Angkat Kuliner Banjar, Pasar Wadai Ramadhan 2023 Dibuka Resmi Wabup Banjar

Lebih jauh dikatakan, ulama memegang posisi penting untuk melakukan pembinaan terhadap umat. Kabupaten Banjar gudangnya aulia, harus bisa berpacu dengan waktu di era globalisasi, yang diharapkan tidak akan pernah lapuk oleh perkembangan zaman.

Sementara itu Habib Idrus Al Kaf dalam tausiahnya menyebut, meski sudah ratusan tahun berpulang namun auranya Datu Bagul bagai magnet yang mampu menyedot perhatian, terbukti dengan banyaknya jemaah yang menghadiri haulnya, dikarenakan jasa dalam penyebaran ajaran agama.

”Semoga kita dapat meneladani Syekh Datu Bagul,” sembari menyebut persiapan peringatan haul dilakukan sejak 7 (tujuh) hari lalu, dengan jumlah konsumsi untuk jamaah sekitar 5.000 porsi.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.