Tarif Bus ‘Tayo’ Umum Rp 4.300, Bagi Pelajar, Lansia dan Difabel Hanya Bayar Rp 2.000

0

SISTEM layanan moda transportasi ‘Teman Bus’ atau Trans Banjarbakula usai diluncurkan pada 22 Desember 2021 dalam masa uji coba tak dipungut bayaran atau gratis.

PROGRAM bus Trans Banjarbakula yang dikenal juga dengan sebutan ‘Bus Tayo’ ini diluncurkan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI untuk angkutan massal basis jalan dengan skema pembelian layanan (buy the service/BTS) ke-9 Indonesia.

Sejak beroperasi perdana pada 1 Februari 2022, ada empat koridor yang dilayani dari Terminal Gambut Barakat di Jalan A Yani Km 17 dan Terminal Km 6 atau Terminal Pal Anam Banjarmasin. Hingga kini, sudah 10 koridor layanan

Anggota Komisi II DPR RI, Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengungkapkan berdasar kesepakatan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kaslel bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VI Provinsi Kalsel, telah ditetapkan tarif khusus golongan khusus dan rencana tarif integrasi Trans Banjarbakula pada 26 Juni 2023 lalu.

BACA : Selama Pandemi Covid-19, Banyak Penumpang Bus Tayo Tidak Terangkut

“Efektif mulai 1 Juli 2023, operator Bus Trans Banjarbakula telah menerapkan tarif khusus untuk tiga kategori. Yakni, kelompok pelajarlansia di atas 60 tahun dan penyandang disabilitas. Saya senang karena ikut menjadi inisiator yang memperjuangkan pengadaan bus Trans Banjarbakula melalui dana pusat atau APBN,” tutur Rifqinizamy Karsayuda kepada jejakrekam.com, Rabu (12/7/2023).

Rifqi yang sebelumnya anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengungkapkan dari ketiga kelompok khusus dikenakan tarif Rp 2 ribu setiap kali menikmati bus Trans Banjarbakula.

“Terutama di empat koridor yang berwarna bus hijau melayani Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, Barito Kuala dan Tanah Laut,” papar Rifqi, sapaan akrab politisi muda banteng ini.

BACA JUGA : Bus Tayo Diminati, Kemenhub Tambah Lima Unit untuk Koridor Martapura-Liang Anggang

Dia mengingatkan bagi para penumpang dari 3 kelompok khusus, saat mendatangi ke Terminal Km 6, ada Sekretariat UPT Terminal Pal Anam yang menerima proses registrasi.

Setelah registrasi akan mendapat kartu khusus bagi tiga kelompok itu. Jadi, bisa menggunkan registrasi secara online. Caranya, lewat buka Instagram (IG) Bus Trans Banjarbakula atau fixfaxs Trans Banjarbakula.

“Dengan tarif bus Trans Banjarbakula yang tergolong murah ini bagi tiga golongan khusus, semoga bus Tayo ini bisa jadi pilihan utama untuk moda transportasi massal,” tutur Rifqi.

BACA JUGA : Tarif Bus Tayo Rp 5 Ribu, Ada 37 Halte di Rute Banjarmasin-Banjarbaru

Mantan akademisi Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini memastikan dirinya akan terus memperjuangkan anggaran bersumber dari APBN, sehingga bisa terus dipertahankan adanya subsidi.

Terpisah, Kepala Dishub Provinsi Kalsel Muhammad Fitri Hernadi mengungkapkan besaran tarif dalam layanan skema BTS Teman Bus untuk umum dan mahasiswa dikenakan Rp 4.300.

“Sedangkan, bagi tiga kelompok khusus yakni pelajar, penyandang disabilitas (difabel) dan lansia hanya Rp 2.000,” kata Fitri.

BACA JUGA : Andalkan Bus Trans Banjarmasin, Ibnu Sina Target Integrasikan Moda Transportasi Sungai

Dia menjelaskan untuk integrasi perpindahan lama waktu interval hanya 150 menit atau 2 jam 30 menit dengan satu kali bayar.

“Selanjutnya akan dikenakan tarif kembali. Sebab, program BST Kemenhub pada bus Trans Banjarbakula akan berakhir pada 2024. Saat ini, Pemprov Kalsel sedang dalam proses handover (pengalihan) secara bertahap agar dikelola penuh oleh daerah,” beber Fitri.

BACA JUGA : Program Trans Banjarbakula Gol di Kemenhub, 75 Bus Baru Segera Mengaspal di Kalsel

Dia berharap pada 2025 nanti, masyarakat tetap setia dan dapat menikmati layanan moda angkutan massal perkotaan,saat program BTS berakhir dengan pendanaan dari APBN.

“Selanjutnya, Pemprov Kalsel akan melanjutkan layanan bus Trans Banjarbakula serta mengembangkannya hingga dapat menjangkau wilayah yang lebih luas di luar Banjarbakula,” imbuh Fitri.(jejakrekam)

Ini data dikutip dari laman Wikipedia:

KoridorAsalTujuanJam OperasionalPertama Kali Dioperasikan
K1BJTerminal Gambut Barakat KM 17Terminal Simpang Empat Banjarbaru05.00-20.00 WITA16 Maret 2022
K2BJTerminal Gambut Barakat KM 17Taman Siring Kilometer 0 Banjarmasin05.00-20.00 WITA15 Februari 2022
K3BJTerminal Induk KM 6Universitas Muhammadiyah Banjarmasin05.00-19.00 WITA1 Februari 2022
K4BJTerminal Gambut Barakat KM 17Kantor Kecamatan Bati-Bati05.00-20.00 WITA17 April 2022
Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/07/12/tarif-bus-tayo-umum-rp-4-300-bagi-pelajar-lansia-dan-difabel-hanya-bayar-rp-2-000/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.