Lantik 4 Kades PAW, Bupati Tabalong Pesan Jadi Pemimpin Seluruh Elemen Masyarakat Desa

0

SEBAGAI pemimpin di desa, seorang kepala desa (kades) harus mampu membina hubungan secara baik dengan masyarakat, termasuk dalam memersatukan seluruh elemen masyarakat.

PESAN ini disampaikan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam sambutannya saat melantik empat kades pengganti antar waktu (PAW) di Wisma Tamu Bersinar Tanjung, Selasa (11/7/2023).

Bagi Bupati Anang, seorang kades juga harus mampu membina hubungan dengan aparat desa, membangun kemitraan dengan anggota Badan Pemusyaratan Desa (BPD) termasuk dengan rivalnya saat pemilihan kades (pilkades).

“Sebagai perekat atau pemersatu masyarakat, kades juga harus mampu untuk memecah pengkotakkan masyarakat yang biasa terjadi dalam pemilu termasuk pilkades,” ucap bupati dua periode ini.

BACA : Gunakan Jaringan LAN, Tiga Desa di Tabalong Terapkan Pilkades E-Voting

Masih kata dia, kades jangan hanya menjadi pemimpin desa bagi pendukungnya saja, tapi kades bagi seluruh warga desa yang dipimpinnya.

“Kades merupakan figur sentral di desa masing-masing, sebab tidak ada permasalahan masyarakat yang tidak menjadi urusan seorang kades,” ucap mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Pedesaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ini.

Bupati Tabalong juga bilang agar kades harus mampu membangun hubungan dengan camat dalam menggerakkan roda pemerintahan desa.

BACA JUGA : 6 November Nanti, 64 Desa di Tabalong Gelar Pilkades Serentak

“Meskipun kades bukan bawahan seorang camat, tetapi dalam melaksanakan tugasnya tetap berpatokan dengan camat,” cetus Anang Syakhfiani.

Pada kesempatan itu, Anang  menitip pesan bagi seorang kades yang notabene menjadi harapan masyarakat desa juga harus bisa melaksanakan tugas dan fungsi dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya.

“Kami berharap ibu dan bapak dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Kades dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Masih menurut dia, seorang kades mempunyai tugas dan peranan penting dalam menyelenggarakan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di desa.

BACA JUGA : Tabalong Gelar Pilkades Berbasis e-Voting Pertama di Kalimantan

“Bapak Ibu harus mampu untuk menjalankan semua tugas tersebut dengan baik dan penuh tanggung jawab,” tegas Bupati dua periode ini.

Adapun empat kades PAW tersebut, di antaranya Siswanto mengisi kekosongan Penjabat Desa Burum Kecamatan Bintang Ara, Junadi ditunjuk guna menempati  Kepala Desa Puain Kanan Kecamatan Tanta, H Muhammad Syafii ditugaskan di Desa Muara Uya Kecamatan Muara Uya dan Linawati memegang amanah sebagai Kepala Desa Pamarangan Kanan Kecamatan Tanta.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.