6 November Nanti, 64 Desa di Tabalong Gelar Pilkades Serentak

0

EVEN pemilihan kepala desa (pilkades) serentak digeber di Kabupaten Tabalong. Tercatat, ada 64 desa di 12 kecamatan menggelar pilkades di 185 tempat pemungutan suara (TPS).

PILKADES serentak itu direncanakan berlangsung pada Sabtu (6/11/2021) nanti. Untuk itu, Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin langsung mengumpulkan seluruh pejabat dan para kapolsek untuk diarahkan dalam pengamanan pilkades serentak.

Didampingi Wakapolres Tabalong Kompol Reza Bramatya di Pendopo Bersinar Tanjung, Kamis (28/10/2021), sang komandan mengingatkan agar jajarannya tetap menjaga netralitas.

“Bagi personel anggota yang berjaga di TPS wajib waspada terhadap kemungkinan terburuk. Kemudian, melaporkan perkembangan situasi kepada kapolsek, apabila terjadi hal- hal yang tidak diinginkan,” ujar Kapolres Tabalong, AKBP Riza Muttaqin.

BACA : Pilkades HSU Serentak dengan Prokes; Tersedia 73 Kursi Diincar 229 Calon Kades

Hal senada juga dipaparkan Wakapolres Tabalong Kompol Reza Bramantya. Ia menekankan personel polisi untuk membiasakan hidup disiplin agar terhindar dari pelanggaran.

“Cerdas dalam menggunakan sosial media agar tidak merugikan institusi Polri,” tandasnya.

Arahan juga disampaikan Kabag Ops Polres Tabalong, AKP Hendra. Menurut dia, dalam pengamanan TPS harus bisa menjamin rasa aman bagi penyelenggara, peserta serta pemilih pilkades serentak.

“Masyarakat yang hadir di TPS harus dijamin bisa menggunakan hak pilih dengan tenang. Mereka harus terbebas dari rasa takut akan ancaman dalam bentuk apapun,” kata Hendra.

BACA JUGA : Banyak Warga Lebih Pilih Kerja, Partisipasi Pemilih Pilkades Semangat Dalam Cuma 40 Persen

Untuk menjamin terselenggaranya pilkades serentak, Polres Tabalong bersama polsek jajaran akan menerjunkan ratusan personel. Mereka juga dibackup Kodim 1008/ Tabalong. Skema pengamanan pun didesain terbuka dan tertutup. Kemudian, patroli rayonisasi wilayah utara, selatan, dan tengah, hingga patroli gabungan TNI/Polri.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.