Jumat Pagi, 8 Rumah di Gang Ma’unah Alalak Selatan Diamuk si Jago Merah

0

MUSIBAH kebakaran silih berganti melanda wilayah Kota Banjarmasin. Kali ini dilaporkan terjadi di Jalan HKSN Gang Ma’unah RT 12, Kelurahan Alalak Selatan, Banjarmasin Utara pada Jumat (7/7/2023) sekitar pukul 06.10 Wita.

KOBARAN api cukup membesar, membuat warga di pemukiman padat penduduk itu berhamburan untuk menyelamatkan barang berharga. Sementara, warga lainnya dibantu unit pemadam kebakaran (damkar) berjibaku memadamkan api. Angin bertiup kencang cukup menyulit petugas damkar yang mengepung lokasi kebakaran dengan semprotan api. Api terus berkobar hingga membakar sejumlah rumah.

Hanafi, Koordinator Lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin melaporkan tiupan angin turut memicu si jago merah kian membesar, ditambah lagi akses jalan hanya 2 meter berupa gang cukup merepotkan bagi petugas damkar.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian. Hanya tercatat ada 8 rumah terdampak kebakaran,” ucap Hanafi.

BACA : Periode Januari Hingga Mei, DPKP Banjar Sebut Ada 29 Musibah Penanggulangan Kebakaran  

Dari olah data BPBD, tercatat ada 5 rumah mengalami rusak berat dan 3 buah rumah hanya rusak ringan, usai dijilat api.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarmasin Husni Thamrin mengatakan dari data rumah warga dan kepala keluarga (KK) terdampak kebakaran akan diajukan ke Dinas Sosial guna mendapatkan bantuan dari pemerintah kota.

BACA JUGA : Fokus Pengendalian Banjir Banjarmasin, Hasil Kajian : Sungai Kian Dangkal dan Air Laut Terus Naik!

Sementara, pihak kepolisian dari Polsek Banjarmasin Utara menggali informasi serta melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab kebakaran.

Sebelumnya, peristiwa kebakaran dilaporkan melanda pemukiman warga di Jalan Bandarmasih Komplek DPR RT 37, Kelurahan Belitung Selatan, Banjarmasin Barat pada Selasa (27/6/2023). Dalam peristiwa ini tercatat ada 7 rumah bedakan 9 pintu yang hangus terbakar.

BACA JUGA : 2021 Tercatat 53 Kasus Kebakaran, Pakar Kota ULM : Bukti Banjarmasin Tak Aman dan Layak

Sebelumnya lagi pada Senin (26/6/2023), sebuah rumah dan satu kios buah di Jalan Ratu Zaleha RT 10 RW 04 Kelurahan Karang Mekar, Banjarmasin Timur terbakar, hingga kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.