Lantik Zakly Asswan Gantikan Raden Suria, Gubernur Kalsel Ingatkan Tugas Pj Bupati HSU

0

GUBERNUR Kalsel Sahbirin Noor melantik Kepala Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalsel Zakly Asswan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU).

PROSESI pelantikan berlangsung di Mahligai Pancasila, Jalan R Soeprapto, Banjarmasin, Rabu (21/6/2023), menyusul terbitnya surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri diteken Muhammad Tito Karnavian Nomor 110.2.1.3-129 Tahun 2023, tanggal 19 Juni 2023, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati HSU Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam rekam jejaknya, Zakly Asswan sebelumnya merupakan mantan Pelaksana Harian Penjabat Bupati dan Pelaksana Tugas Sekda Kabupaten HSU. Zakly Asswan resmi menggantikan Pj Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah sebelumnya hanya 7 bulan atau 212 hari usai dilantik Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel pada 21 November 2022 di Banjarmasin.

Suria pun ditarik kembali ke Pemprov Kalsel. Dia fokus untuk menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel yang sempat ditinggalkannya beberapa bulan bertugas sebagai kepala daerah di Pemkab HSU.

BACA : Usai Menjabat 7 Bulan Pj Bupati HSU, Raden Suria Fadliansyah Ucapkan Salam Perpisahan

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih kepada Raden Suria Fadliansyah atas kinerja dan distribusinya yang telah diberikan dalam menjalankan roda pemerintahan serta memajukan Kabupaten HSU.

“Semoga pengabdian yang Anda berikan menjadi amal ibadah saudara. Selamat bekerja kepada Saudara Zakly Asswan. Saya yakin dengan pengalaman dan kompetensi yang ada pada diri Anda akan mampu menjalankan tugas yang baik serta melanjutkan pembangunan di Kabupaten HSU,” ucap Paman Birin.

BACA JUGA : Banjir di Kota Amuntai dan Sekitarnya Meluas, Pj Bupati HSU Gerakkan Instansi Satu Komando

Menurut dia, kemajuan suatu daerah tergantung figur kepemimpinan kepala daerah yang mampu menggerakkan dan memaksimalkan seluruh potensi dan sumber daya yang dimilikinya.

“Dalam masa transisi ini, peran kerja Penjabat Bupati sangat penting dalam rangka mengawasi program-program pembangunan yang telah direncanakan,” ucapnya. 

Masih menurut Paman Birin, Penjabat Bupati mempunyai tugas yang tidak ringan yaitu menjaga stabilitas daerah serta harus siap menghadapi Pemilu serentak tahun 2024, agar berjalan aman, demokratis dan tetap suasana kondusif di Kalsel.

BACA JUGA : Nama Suria Fadliansyah Menguat, Ternyata DPRD Justru Jagokan Zakly Asswan Jadi Pj Bupati HSU

“Mari kita jaga dan terus lestarikan tradisi demokrasi yang selama ini sudah dikenal di Kalsel selalu santun dan menjunjung tinggi etika, sehingga daerah kita tetap kondusif,” kata Ketua DPD Partai Golkar Kalsel ini. 

Paman Birin percaya pengalaman Zakly Asswan di organisasi pemerintah daerah menjadi modal penting dalam penyelenggaraan pemerintahan.

BACA JUGA : Dilantik Gubernur Kalsel, Suria Fadliansyah Pegang Jabatan Pj Bupati HSU, Mujiyat Diamanati Pj Bupati Batola

“Saya berharap saudara Zakly Asswan dapat terus dijaga sinkronisasi program-program pembangunan Kabupaten HSU dengan Pemprov Kalsel maupun dengan pemerintahan pusat,” tuturnya.

Dia menekankan adanya kerja sama, inergitas dengan institusi menjadi kunci sukses dalam melanjutkan pembangunan yang berkelanjutan.

“Mari kita membangun bersama-sama daerah kita Kalsel, khususnya Kabupaten HSU menjadi daerah yang semakin maju dan makin sejahtera,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.