Nama Suria Fadliansyah Menguat, Ternyata DPRD Justru Jagokan Zakly Asswan Jadi Pj Bupati HSU

0

ADA tiga nama calon Penjabat Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) diajukan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor ke Menteri Dalam Negeri (Mendagir) Tito Karnavian di Jakarta.

TIGA nama pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Kalsel itu adalah Kepala Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalsel, Zakly Asswan yang kini menjabat Penjabat Sekda Kabupaten HSU.

Kemudian, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel, Raden Suria Fadliansyah dan Kepala Biro Umum Setdaprov Kalsel, Rospana Sofian.

Kabar Suria yang menguat sebagai kandidat Penjabat Bupati HSU menjabat hampir dua tahun lebih, karena masa jabatan Plt Bupati Husairi Abdi berakhir pada 9 Oktober 2022 lalu.

BACA : Nama Kepala BPBD Provinsi Kalsel Suria Fadliansyah Digadang-gadang Jadi Penjabat Bupati HSU

Masa jabatan Pj Bupati HSU akan memegang kendali pemerintahan karena hari pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024 digelar pada Rabu, 27 November 2024 mendatang.

Hingga nanti, kepala daerah-wakil kepala daerah definitif dilantik oleh Gubernur Kalsel, yang membutuhkan waktu cukup panjang. Pada pilkada serentak 2024 akan diikuti 270 daerah, dari tingkat gubernur, bupati hingga walikota.

BACA JUGA : Tunggu Penunjukan Penjabat Bupati HSU, Zakly Asswan Gantikan Husairi Abdi Sementara Waktu

Dari tiga nama itu, ternyata justru Zakly Asswan justru lebih dijagokan DPRD Kabupaten HSU sebagai pengisi jabatan penjabat kepala daerah.

“Memang, nama Suria Fadliansyah yang beredar kuat sebagai calon Penjabat Bupati HSU. Namun, di kalangan DPRD Kabupaten HSU, justru nama Zakly Asswan karena sudah cukup lama menjabat Pj Sekda HSU lebih dijagokan,” ucap Ketua Fraksi Nasdem-PDIP DPRD HSU, Teddy Suryana kepada jejakrekam.com, Selasa (18/10/2022).

BACA JUGA : Tahun Terakhir Memimpin, Plt Bupati HSU Bertekad Tuntaskan Visi Misi Pembangunan

Dirinya mengaku kaget mengenai kabar bahwa Suria Fadliansyah telah mengantongi surat keputusan (SK) Mendagri untuk selanjutnya akan dilantik oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sebagai Pj Bupati HSU.

“Jelas, kami kaget. Apalagi, sampai sekarang belum mengetahui benar atau tidaknya ada SK Mendagri itu. Padahal, sebelumnya, DPRD HSU memang menjagokan Zakly Asswan,” ucap Wakil Ketua Komisi II DPRD HSU ini.

BACA JUGA : Ditunjuk Plt Bupati HSU, Husairi Abdi Sebut Misi Awal Pulihkan Roda Pemerintahan

Masih menurut Teddy, Zakly Asswan memang sudah lama berproses di pemerintah daerah karena dilantik sebagai Penjabat Sekdakab HSU pada 8 Juni 2022, menggantikan posisi ditinggalkan Muhammad Taufik telah memasuki purna tugas pada 1 Juni 2022 lalu.

“Tentu siapa pun yang terpilih sebagai Penjabat Bupati HSU, apakah Suria Fadliansyah yang dikabarkan menguat, kami akan segera membangun komunikasi dengan koleganya di DPRD HSU, terutama dari fraksi-fraksi yang ada di dewan,” pungkas Ketua PW Gerakan Pemuda Ansor Kalsel ini.(jejakrekam)

.

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/19/nama-suria-fadliansyah-menguat-ternyata-dprd-justru-jagokan-zakly-asswan-jadi-pj-bupati-hsu/
Penulis Muhammad/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.