Dibagi 3 Jalur Seleksi, ULM Dapat Jatah Terima 6.888 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024

0

ADA 6.888 kuota mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024 dibuka oleh Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Penerimaan mahasiswa baru dibagi dalam tiga jalur seleksi berdasar ketentuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“ADA sebanyak 64 program sarjana (S1) tersebar di 11 fakultas di kampus ULM baik yang ada di Banjarmasin dan Banjarbaru,” ucap Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Dr Iwan Aflanie kepada jejakrekam.com, Jumat (24/3/2023).

Dia menyebut berdasar Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana, ada istilah baru untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

“Di Permendikbudristek disebutkan bahwa penerimaan mahasiswa baru akan dilakukan melalui 3 skema. Yakni, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi secara Mandiri oleh PTN,” beber mantan Dekan Fakultas Kedokteran ULM ini.

BACA : Gagas Hubungan Internasional, Direkomendasi Senat, FISIP ULM Segera Buka Prodi Antropologi

Menurut Iwan, istilah baru SNBP merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru tanpa tes yang sebelumnya bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Sedangkan, SNBT merupakan istilah baru pengganti SBMPTN. Jadi, untuk jalur SNBP menerima minimal 20 persen dari total kuota mahasiswa baru. Sedangkan, SNBT minimal 40 persen, dan seleksi mandiri maksimal 30 persen kuota mahasiswa baru,” kata Iwan.

BACA JUGA : Lewat Jaringan Kagama UGM Bisa Lahirkan Pemimpin Nasional, Bagaimana dengan Jejaring Alumni ULM?

Menurut Iwan, persaingan guna memasuki jalur SNBP memang sangat ketat. Hal ini karena sifatnya berlaku secara nasional, sehingga prestasi siswa lulusan SMA/SMK atau sederajat yang ditonjolkan. Yakni, seluruh mata pelajaran minimal 50 persen dari penilaian.

“Kemudian, ada pula komponen mata pelajaran pendukung program studi  yang akan  dipilih beserta prestasi lainnya minimal 50 persen. Hal ini yang membuat persaingan menjadi sangat ketat. Untuk itu, semua siswa harus menyiapkan komponen ini, mata pelajaran bagus , penunjang bagus dan prestasi juga harus bagus,” kata dokter forensik RSUD Ulin Banjarmasin ini.

BACA JUGA : Lengkapi 7 Program Studi Unggulan, Fakultas Teknik ULM Buka 2 Prodi Baru; Rekayasa Elektro Dan Geologi  

Masih kata Iwan, saat ini untuk SNBP sudah berjalan , bahkan pada 28 Maret 2023 nanti, hasilnya sudah bisa diketahui. Sementara untuk SNBT, untuk masa pendaftaran ujian tulis berbasis komputer (UTBK) mulai 23 Maret hingga 14 April 2023.

“Sedangkan, pelaksanaan UTBK gelombang 1 padal 8-14 Mei 2023, UTBK gelombang 2 pada 22-28 Mei 2023, dan pengumuman hasil pada 20 Juni 2023. Kemudian, ada waktu untuk download sertifikat UTBK pada 26 Juni-31 Juli 2023,” ungkap Iwan.

Sementara, kata dia lagi, untuk jalur seleksi mandiri yang menjadi kewenangan dari perguruan tinggi negeri khususnya ULM, masih belum ditentukan jadwalnya. “Biasanya penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri ini setelah SNBT selesai,” imbuh Iwan.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/03/25/dibagi-3-jalur-seleksi-ulm-dapat-jatah-terima-6-888-mahasiswa-baru-tahun-akademik-2023-2024/
Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.