Paman Birin Berbagi Kue Bingka Gambut Hingga Kain Sasirangan

0

KEHADIRAN Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, di Sumatera Barat benar-benar membawa kebahagiaan urang keturunan Banjar di Tanah Minang, Sumatera Barat (Sumbar).

KESEMPATAN berjumpa Urang Banjar di tanah perantauan tersebut dalam acara halal bihalal atau silaturahmi, bersama Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) di Kota Padang, Jumat (9/6/2023). Paman Birin berbagi kue bingka Gambut, kue lam, kaos hingga kain sasirangan.

Sebelum dibagikan, Paman Birin pun mempersilahkan warga Banjar di perantauan untuk merasakan terlebih dulu kue yang dibawa. “Silahkan dicoba. Dijamin enak dan manisnya dengan gula asli. Ulun khusus bawakan Kue Bingka Gambut dan Kue Lam Barabai gasan pian-pian,” kata Paman Birin.

Selain itu, warga perantauan pun juga diberi Paman Birin kain khas Banjar, kain Sasirangan. “Ulun berpesan, tetap melestarikan budaya Banjar dan bahasa Banjar, minimal dalam lingkup keluarga. Orang Banjar tidak pernah mahuali orang, dan ingat pesan Pangeran Antasari: Haram Manyarah, Waja Sampai ka Puting,” pesan Paman Birin.

BACA: Mulai Jengkol Hingga Soto, Bazar Kuliner Khas Banjar Meriahkan Halal Bihalal KBB Jabodetabek

Warga keturunan Banjar di Sumbar pun senang mendapatkan kue, kaos hingga kain sasirangan dari Paman Birin. “Alhamdulilah. Berkah gasan Bapak Gubernur Paman Birin, kami dapat kue, kaos dan kain sasirangan. Terimakasih Paman Birin,” kata Mahlidah, salah satu warga keturunan Banjar di Kota Padang.

Perasaan yang sama juga disampaikan Saharuddin, warga keturunan Banjar kelahiran Medan yang tinggal di Padang, mengaku baru pertama kali makan kue bingka. “Bujur ujar Paman Birin. Rasanya enak dan Ulun bersyukur bisa makan kue bingka, karena baru kali ini merasakan,” katanya.

Saharuddin pun mendoakan kepada Paman Birin dan keluarga serta seluruhan warga Banjar selalu sehat, sukses dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Selain berbagai oleh-oleh yang dibawa Paman Birin itu, orang nomor satu di Kalsel ini juga memberikan hadiah uang kepada warga yang bisa menjawab pertanyaan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.