Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke-77 Polda Kalteng Menilai 3 Poskamling Di Barito Utara

0

TIGA pos kamling di Kabupaten Barito Utara, dikunjunggi Tim Penilai Satkamling Polda Kalimantan Tengah, teraktif dan memiliki sarana prasarana pendukung kamtibmas terlengkap, Selasa (6/6/2023).

TIM penilai lomba Satkamling dipimpin oleh AKBP Anastasia Greta Kumala, dan anggota IPTU Akhmad Sahid, Brigpol Petrus Agung Seftiyanto, Penda Suganda dan Bripda I Kadek Septiana.

Adapun tiga pos kamling yang diikutkan lomba antara lain, pos kamling RT 20 A dan pos kamling RT 12 B, di Kelurahan Melayu. Sementara satu pos kamling yang juga di kujunggi adalah pos kamling di Kelurahan Jambu.

Lomba Penilaian Pos Kamling dilaksanakan di seluruh kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah, lomba ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023.

BACA: Wakapolres Barito Utara Jaring Aspirasi Warga Lewat Jumat Curhat

Ketua Tim Penilai Satkamling Polda Kalteng AKBP Anastasia Greta Kumala mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membangkitkan dan meningkatkan kembali peran aktif masyarakat dalam pemeliharaan keamaman ketertiban masyarakat.

Dua tahun kegiatan serupa sempat vakum karena pademi covid-19, pos kamling dijadikan PPKM dan lingkungan menjadi KPM. Setelah covid-19 berangsur normal, kemudian ada program revalitasi satkamling, yaitu mengaktifkan kembali poskamling di wilayah-wilayah.

Oleh sebabnya giatkan lagi melalui lomba ini, karena satkamling dan keamanan menjadi tanggung jawab bersama. Apalagi di tahun 2024 masuk tahun politik, keberadaan poskamling ini dirasa sangat penting, selain menjaga keamanan lingkungan, juga bisa dijadikan sarana para warga berkumpul untuk saling gotong royong, wadah saling berbagi informasi dan komunikasi.

Usai menilai poskamling RT 12 B, Tim penilai satkamling Polda Kalteng lanjut mengunjunggi poskamling RT 20 A di Jalan Mawar. Tim juga didampinggi oleh Camat Teweh Tengah Jati Prayoga, Lurah Melayu Dayat Salikin, Kabag Ops Polres Barito Utata Kompol Reny Arafah, Kasat Bimas AKP Rahmadi, Kapolsek Teweh Tengah Kompol Riyanto Puji Raharjo, dan Bhabinsa.

BACA JUGA: Jaga Kondusifitas, Polres Barito Utara Gelar Jumat Curhat

Ketua RT 20 A Kelurahan Melayu Saprudianto yang juga merupakan tokoh pemuda Barito Utara, mengucapkan terima kasih kepada Polres Barito Utara, atas kepercayaannya, mencantumkan poskamling di wilayahnya kembali ikut serta dalam lomba satkamling tingkat Polda Kalimantan Tengah.

Yanto menyebut, bahwa sebelumnya tim Polres Barito Utara juga sudah melakukan penilaian satkamling tingkat kabupaten. “RT kami adalah RT swadaya, mandiri dan memiliki semangat gotong royong yang tinggi,” ungkapnya.

Menurut Yanto, swadaya dan gotong royong seperti jaga malam bergiliran, pembuatan pos kamling, pintu gerbang, bak sampah, plang bak sampah, penerangan jalan umum, dan memasangkan tiang bendera di rumah-rumah warga dan banyak kegiatan lainnya.

Dijelaskannya berkat semangat gotong royong, dukunggan serta kekompakan warga, tidak heran di RT tersebut memiliki segudang prestasi. “Diantaranya pernah Juara Satu Lomba Kebersihan dan Kesemarakan lingkungan antar RT HUT Barito Utara, Juara Satu Lomba Pos Kamling tingkat kabupaten Barito Utara HUT Bhayangkara dan Juara Tiga lomba Satkamling Tingkat Polda Kalimantan Tengah, dengan kategori Poskamling teraktif dan memiliki sarana prasarana pendukung Kamtibmas terlengkap,” beber Yanto.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.