Polling bukan Penentu Kemenangan di Pemilu dan Pilkada

0

MUNCULNYA polling calon legislatif (caleg) menghadapi Pemiklu 2024  dan calon bupati/walikota (cabup/cawalkot), calon gubernur (cagub) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang tersiar di dunia maya (media sosial), bagian dari pesatnya teknologi era digital.

MESKI begitu, para pendukung Caleg, Cagub dan Cabup tak perlu khawatir, terhadap keberadaan polling.

Sebab polling berbeda dengan survei, terutama akurasinya dalam menentukan pemenang di dalam Pemilu dan Pilgub, Pilbup.

BACA JUGA: Hasil Polling Sementara Calon DPD RI 2024 Dapil Kalsel, M Yamin Berada Di Atas, Habib Banua Posisi…

“Jadi para pendukung jangan khawatir keberadaan polling, terpenting relawan dan tim sukses tetap bekerja untuk caleg, pilbup, pilgub yang diunggulkan di lapangan,” ucap pemerhati pemilu, yang juga aktivis Bang Yusuf, Jumat (9/6/2023).

Seperti, sosialisasi visi misi, program, dan respon terhadap aspirasi rakyat (warga/masyarakat) sekitar.

Bang Yusuf, pemerhati dan aktivis (foto:dokumen)

Menurutnya, rakyat yang menentukan pemenang bagi caleg, pilgub, pilbup. “Jadi penentu kemenangan bukan polling, tapi rakyat yang berada di lapangan. Anggap saja polling sebagai hiburan kita di media sosial,” tandasnya.

BACA JUGA: 4 Wajah Baru Bakal Calon Anggota DPD Kalsel, Akan Menantang Petahana Di Pemilu 2024

Untuk itu, Ia meminta, agar caleg/cabup/cagub di dalam polling tidak berbesar hati (bangga berlebihan), sebab polling bukan penentu kemenangan.

Sementara itu, HM Haris salah satu tim sukses Calon DPD Muhammad Hidayattollah (Dayat EL), menyambut baik dengan kehadiran polling. “Kami sih, tetap menyambut baik. Paling tidak sebagai respon atas kehadiran calon di Pemilu 2024 mendatang,” jelasnya.

BACA JUGA: Dayat EL Daftar DPD RI di KPU, Diiringi Rebana Hadrah

Ia pun memastikan, penentu kemenangan justru bergeraknya tim sukses di lapangan. “Kita terpenting bergerak di lapangan. Meski dalam polling Calon DPD Muhammad Hidayattollah (Dayat EL) menempati urutan pertama, dan polling bukan penentu kemenangan,” imbuh HM Haris yang juga Pengurus DPW NasDem Kalsel ini. (jejakrekam)

Penulis Afdi Achmad
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.