Bupati Abah Zairullah Serahkan Bantuan RTLH di Hari Jadi ke-20

0

PEMKAB Tanah Bumbu (Tanbu) memperingati Hari Jadi ke-20 di halaman Kantor Bupati di Gunung Tinggi, Batulicin, Sabtu (8/4/2023).

HARI Jadi ke-20 bertepatan Bulan Ramadhan 2023 di rangkai dengan acara zikir dan sholawat, serta doa bersama.

Acara Hari Jadi Tanah Bumbu dimulai pukul 16.00 wita dan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ustaz Rahmadi Juara 1 Qori Tilawah Dewasa Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2022.

BACA JUGA: Bupati Zairullah Lantik 51 Kepala Desa Terpilih Tahap Pertama

Kemudian dilanjutkan pembacaan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Tanah Bumbu oleh Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Tanah Bumbu Said Ismail Kholil Alydrus.

Hari Jadi ke-20 Tanah Bumbu dirangkai dengan penyerahan bantuan sosial rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemkab Tanbu yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Abah HM Zairullah Azhar kepada keluarga penerima manfaat.

Penyerahan lainnya, bantuan sosial anak yatim piatu tahun 2023 oleh Pemkab Tanah Bumbu berupa dana tabungan yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati H Muh Rusli.

BACA JUGA: Bupati Abah Zairullah Buka Ramadhan Cake Fair

Kemudian penyerahan secara simbolis berupa uang pembinaan penghargaan program Satu Desa Satu Masjid hafiz dan hafizah hafalan 3 Juz diberikan ke M Setiawan Jodie dari Desa Gusunge Kecamatan Kusan Hilir, dan Hayatul Aulia dari Desa Persiapan Bintang Makmur Kecamatan Karang Bintang.

Bupati Abah Zairullah Azhar juga melaunching produk pengalengan hasil perikanan yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah, mengungkapkan, tema peringatan Hari Jadi ke-20 Tanah Bumbu adalah ‘Melalui Program 1 Desa 1 Masjid Kita Langitkan Doa dan Bumikan Ikhtiar Sebagai Implementasi Tanah Bumbu Bersujud Menuju Serambi Madinah’.

BACA JUGA: Melasti 2023 Dihadiri Bupati Zairullah

Menurutnya, tema tersebut memiliki makna sangat dalam tentang sebuah ketulusan, keikhlasan, kesabaran, ketaatan, dan ketakwaan kepada Allah sang Maha Segalanya.

Sebab, sambungnya, bagaimana pun kekuatan atau upaya yang dilakukan tidak akan pernah bisa mendapatkan hasil tanpa pertolongan dari Allah SWT.

Hari Jadi ke-20 ini, jelasnya, Pemkab Tanbu melakukan perenungan dan merefleksi diri tentang apa yang sudah dilakukan selama ini, dan tentunya berikhtiar untuk memperbaiki semuanya dimasa akan datang.

BACA JUGA: Bupati Zairullah Lantik Badan Permusyawaratan Desa

Selain itu, Abah Zairullah juga menyampaikan posisi Kabupaten Tanah Bumbu sangat strategis menjadi bagian Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), sehingga Kabupaten Tanah Bumbu bersiap untuk menjadi bagian tersebut.

“Kita bersyukur di Tanah Bumbu telah dibangun industri sehingga mampu memberikan percepatan pertumbuhan ekonomi. Dan dirancang akan ada 11 Industri yang dibangun dan tentunya industri tersebut membutuhkan setidaknya 100 ribu tenaga kerja. Di Tanah Bumbu juga akan di bangun Balai Latihan Kerja (BLK) tingkat nasional yang didukung oleh Manteri Tenaga Kerja,” paparnya.

BACA JUGA: Abah Zairullah Azhar Buka Rakerda Tahun 2023, Ini Pesan Bupati

Kini, Pemkab Tanah Bumbu sedang melakukan upaya besar yang disebut dengan Program Satu Desa Satu Masjid. “Program ini, kelanjutan dari impelementasi dari motto Bersujud menuju Serambi Madinah,” ucapnya.

Program Satu Desa Satu Masjid, maka masjid-masjid di Tanah Bumbu terbuka terus agar kegiatan-kegiatan keagamaan terus ada seperti zikir, sholawat, membaca dan menghafal Alquran. Ada anak-anak yang belajar di Masjid.

Program Satu Desa Satu Masjid diharapkan dapat memperkuat kualitas sumber daya manusia sehingga tercipta generasi yang cerdas, religius, produktif, berdaya saing, dan berahlak mulia.

Acara peringatan Hari Jadi Tanah Bumbu diisi ceramah agama oleh KH Mujib Khudori yang juga merupakan pimpinan Pondok Pesantren Tajul Quran Jakarta. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfoo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.