Melasti 2023 Dihadiri Bupati Zairullah

0

HARI Raya Nyepi, umat Hindu Bali di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menyambutnya dengan menggelar Melasti (pensucian alam semesta dan diri), Minggu (19/3/2023).

DI Pantai Madani, Kecamatan Sungai Loban, merupakan lokasi proses Melasti tersebut.

Saat Melasti, tidak hanya dihadiri umat Hindu daerah setempat, tapi juga dari beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Kalsel. Acara dihadiri Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar bersama seluruh Kepala SKPD dan Forkopimda.

Ketua Parisada Hindu Dharma Tanah Bumbu, Ketut Aman, mengucapkan terima kasih kepada Bupati HM Zairullah Azhar yang berkenan hadir dalam acara tersebut.

BACA JUGA: Sambut Nyepi, Umat Hindu Jalani Persembahyangan di Pura Agung Jagat Natha

“Kami atas nama Parisada Hindu Dharma Tanah Bumbu mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang berkenan hadir di acara ini,” katanya.

Saat ini, lanjut Ketut Aman, umat Hindu di Tanah Bumbu sudah memiliki pantai sendiri untuk melaksanakan melasti dengan fasilitas yang sangat baik dan sudah tersertifikasi oleh pemerintah daerah.

“Ini semua berkat bantuan dari Bupati, Kejari dan anggota DPRD sehingga umat Hindu yang ada di Tanah Bumbu sudah memiliki tempat untuk melaksanakan melasti,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Zairullah Azhar dalam sambutanya, mengatakan, atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada umat Hindu atas terselenggaranya Upacara Melasti dalam rangka menyambut Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945.

BACA JUGA: Merayakan Nyepi, Wahana Umat Hindu untuk Intropeksi Diri

 “Saya berharap melalui perayaan melasti ini diharapkan sinergitas serta dukungan dari seluruh masyarakat Tanbu, termasuk umat Hindu untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan daerah agar menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

Di akhir sambutan, Bupati menyampaikan pada tahun ini akan memberikan bantuan kepada Parisada Hindu Dharma untuk pembangunan fasilitas sarana dan prasarana di Pantai Madani. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.