Operasi Ketupat Intan 2023, Polres Banjar Siapkan 160 Personel Gabungan

0

PELAKSANAAN Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Intan – 2023” akan dihelat Polres Banjar selama 14 hari kedepan terhitung mulai tanggal 18 April 2023 sampai 1 Mei 2023.

HAL tersebut disampaikan Wakapolres Banjar Kompol Boma Wedhayanto usai pelaksanaan Lat Pra Ops Kepolisian Terpusat “Ketupat Intan – 2023”, Jumat (14/4/2023).

“Sebagai tanda kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Intan – 2023 selanjutnya akan dilaksanakan Apel Gelar Pasukan pada Senin (17/04/2023) bertempat di lapangan apel Polres Banjar Polda Kalsel,” beber Kompol Boma.

BACA : Ikuti Rakor Lintas Sektoral, Polres Banjar Siap Mengamankan Lebaran 2023

Adapun operasi Ketupat Intan-2023 ini dihelat dalam rangka mengantisipasi situasi Kamtibmas khususnya jelang, saat dan setelah perayaan lebaran Idul Fitri 1444 H serta terlaksananya mudik bagi Pemudik yang aman, nyaman dan berkesan serta menurunnya jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

“Kami menyiapkan lokasi rest area bagi pemudik untuk istirahat, yakni pos pelayanan terletak di jalan A. Yani Km 14 Kecamatan Gambut dan pos pengamanan di jalan A. Yani Km 49 Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar,” tutur Wakapolres.

Terkait jumlah personil Ops Ketupat Intan – 2023, Polres Banjar menyiapkan sebanyak 160 personil terdiri dari 88 personil Polri, 12 personil TNI, 12 personil Satpol PP, 12 personil BPBD, 12 personil Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, 12 personil Pemadam Kebakaran, dan 12 personil Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :  Siap Amankan Bulan Suci Ramadhan, Polres Banjar Imbau Warga Untuk Tetap Waspada

“Yang bertugas di pos pelayanan dan pos pengamanan Ops Ketupat Intan – 2023 personil Polri sebanyak 32 orang dan personil dari instansi terkait sebanyak 24 orang,” rincinya.

Sementara itu, Kasihumas Polres Banjar yang akrab di sapa Bang Aji ini menambahkan beberapa lokasi rawan Laka Lantas di Kabupaten Banjar, yakni di Jalan Gubernur Soebardjo kerawanan pada jalan lurus dua arah, arus padat, minim rambu-rambu petunjuk dan sangat minim lampu penerangan jalan.

“Kemudian di Jalan Gubernur Syarkawi kerawanan sama dengan di Jalan Gubernur Soebardjo, selanjutnya di Jalan Martapura Lama kerawanan pada jalan sempit dan menyempit, arus lalin padat, pengguna jalan tidak tertib serta lampu penerangan jalan minim,” tuturnya.

Masih kata Bang Aji, Lokasi rawan Laka Lantas berikutnya di jalan A. Yani Km 40 s/d Km 56 kerawanan pada jalan sempit, pengguna jalan tidak tertib dan kurang hati-hati saat menyeberang dan setelah dari sungai, rumah penduduk terlalu dekat dengan jalan raya, serta lampu penerangan jalan minim.

BACA LAGI :  Kunjungi Polres Banjar, Subbidprovos Bidpropam Polda Kalsel Gelar Gaktibplin Personil

Kemudian ada di jalan A. Yani Km 8 s/d 14 kerawanan pada rambu-rambu minim, utamanya rambu perputaran arah. Kemudian di jalan A. Yani Km 63 Kecamatan Mataraman kerawanan pada tikungan tajam, rambu-rambu petunjuk minim dan lampu penerangan jalan kurang.

“Lokasi rawan Laka Lantas terakhir di jalan A. Yani Km 75 Kec. Simpang Empat Kab. Banjar, kerawanan pada pengguna jalan tidak tertib, pejalan kaki atau penyeberang jalan tidak hati-hati, lampu penerangan jalan kurang,” rinci Bang Aji.

Perihal langkah-langkah yang sudah dilakukan Polres Banjar yakni koordinasi dengan instansi terkait, agar melengkapi fasilitas jalan umum tersebut guna terciptanya Kamseltibcarlantas, dalam hal ini Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar dan PLN.

“Kami himbau agar sebelum berangkat pastikan kondisi badan sehat, cek kendaraan pastikan layak untuk dikendarai, taati aturan berlalu lintas, bila lelah atau mengantuk jangan memaksakan diri berkendara tapi carilah tempat istirahat yang aman dan nyaman,” pungkasnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/04/14/operasi-ketupat-intan-2023-polres-banjar-siapkan-160-personel-gabungan/
Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.