Siapkan 3 Armada Bus, Mudik Gratis dari Pemkot Banjarbaru Dimulai 18 April

0

JELANG peringatan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Walikota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin, menginisiasikan program angkutan mudik gratis bagi masyarakat umum dan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkot Banjarbaru.

PROGRAM ini ucap Walikota Banjarbaru telah dipastikan terlaksana melalui leading sektornya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru. Untuk itu pula ia mengajak masyarakat Banjarbaru agar dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan tersebut.

“Silakan mendaftar, kita siapkan angkutan gratis untuk masyarakat Banjarbaru yang ingin mudik saat lebaran nanti,” kata Aditya, Rabu (12/4/2023).

BACA : Pantau Harga Bahan Pokok, Wakil Walikota Banjarbaru Sidak Pasar Modern Dan Minimarket

Menurut Aditya, program angkutan mudik gratis menjadi salah satu strategi guna meredam penumpukan penumpang pada puncak arus mudik lebaran nanti. Mengingat, pergerakan saat arus mudik masih didominasi oleh kendaraan pribadi mobil dan sepeda motor.

“Pergerakan saat mudik itu masih didominasi kendaraan pribadi, khususnya roda dua. Ini dapat mengakibatkan naiknya potensi kemacetan lalu lintas. Program angkutan mudik gratis diharapan mengantisipasi atau setidaknya meminimalisir kondisi tersebut,” terang walikota.

Disisi lain, Plt Kepala Dishub Banjarbaru Mutia Syafariahadi melalui Kabid Sarana Prasarana Transportasi Eddy Sabara, menerangkan untuk sementara ini pihaknya masih menyiapkan 3 unit bus yang akan digunakan. Namun ia mengakui jumlah tersebut kemungkinan masih akan bertambah.

BACA JUGA :  Ringankan Beban Ekonomi Warga, Pemkot Banjarbabaru Salurkan Ribuan Paket Tali Asih

“Sementara ini masih kita siapkan tiga unit bus dan satu unit lagi untuk cadangan. Tapi bisa saja nanti bertambah, tentunya kita liat perkembangan jelang lebaran nanti,” ujarnya.

Pelaksanaan angkutan mudik gratis nantinya akan dimulai pada 18 April 2023 dengan rute terjauh ialah Banjarbaru – Tanjung.

Namun sebelum itu bagi masyarakat khususnya lebih dulu dapat mendaftarkan diri, baik itu datang langsung ke kantor Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru atau melalui via barcode di iklan banner yang disebar di sosial media.

Sementara untuk pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkot Banjarbaru dapat mendaftarkan diri melalui masing-masing SKPD tempatnya berkerja.

Perihal proses penjemputan arus balik, Eddy menerangkan bahwa untuk penjemputan kepulangan dilaksanakan serentak pada 24 April 2023 mendatang.

“Titik penjemputannya disesuaikan masing-masing kabupaten kota. Tentu kita harapkan yang mudah terjangkau. Informasi ini harap diingat sehingga tidak tertinggal saat pulang nanti,” tuntasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.