Terbuka Untuk Umum, Pemprov Kalsel Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah

0

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA), menggelar lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk kategori umum dengan total hadiah puluhan juta Rupiah.

KEPALA Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Amin menjelaskan, lomba Karya Tulis Ilmiah ini mengangkat tema Inovasi untuk Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurutnya, lomba KTI merupakan bagian dari lomba inovasi daerah, yang digagas Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, dan ini tidak dipungut biaya serta terbuka untuk umum.

BACA: Terinspirasi Kehidupan Banjar Hulu, Si Pilanggur pun Masuk Deretan Sastra Rancage

“Biaya pendaftaran gratis, siapa saja boleh ikut. Kita tidak membatasi jumlah pesertanya,” ucap Muhammad Amin, di ruang kerjanya, Banjarbaru, Selasa (4/4/2023).

Menurut Muhammad Amin, lomba ini dilakukan sebagai sarana dan wadah bagi masyarakat dalam menuangkan ide serta pikiran lewat karya tulis ilmiah. Diharapkan hasil karya tulis mereka dapat menjadi sumbangsih bagi pengembangan potensi daerah.

“Kita mencoba mengumpulkan ide-ide melalui tulisan, selain itu juga untuk menggairahkan kembali untuk Karya Tulis Ilmiah di banua,” katanya.

BACA JUGA: Ikut LKTI, MAN 4 Balangan Bikin Jemuran Takut Hujan

Dikatakan Muhammad Amin, penilaian lomba berdasarkan kebermanfaatan, kreativitas, metode, data dan sumber informasi, dan sistematika penulisan.

Menurutnya, pendaftaran lomba telah dibuka sejak 7 Maret 2023 dan batas penyampaian berkas pada tanggal 28 April 2023. Selanjutnya peserta yang masuk 10 besar akan menyampaikan paparan pada tanggal 1 hingga 31 Mei 2023. Sedangkan penyerahan hadiah pada bulan Juni 2023.

Adapun hadiah untuk juara 1 sebesar Rp 10 juta, juara 2 Rp 8 juta, juara 3 Rp 6 juta, sedangkan juara harapan 1 Rp 5 juta, juara harapan 2 Rp 4 juta, dan juara harapan 3 Rp 3 juta.

BACA LAGI: Lomba Karya Tulis Ilmiah MTQ Nasional XXIX 2022 Angkat Tema Moderasi Beragama

Tim dewan juri, selain dari internal BRIDA Kalimantan Selatan, juga berasal dari unsur akademisi, dan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirimkan hasil KTI ke email [email protected] atau menghubungi kontak person Nana 081250269559 dan M. Arief Anwar 0811502224.

Sebelumnya, BRIDA Kalsel juga pernah menggelar lomba KTI untuk pelajar saat Kalsel menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-29 pada tahun 2022 lalu.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.