Terkendala Perekrutan Tenaga Kesehatan, Puskemas Mantuil Molor Beroperasi

0

MASIH belum kunjung beroperasi, Puskesmas Mantuil yang telah rampung fisiknya terkendala tenaga kesehatan (Nakes) yang akan ditugaskan di sana.

SETELAH sebelumnya molor beroperasi karena kendala bangunan yang belum selesai sesuai target, kini Puskesmas Mantuil kembali molor untuk beroperasi karena masalah Nakes.

Proyek Puskesmas Mantuil di Jalan Teluk Masjid, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan, memakan anggaran sebesar Rp 3,8 miliar. Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin M Ramadhani memastikan akan beroperasi penuh di bulan Maret tadi. Namun hingga saat ini masih belum ada terlihat untuk peresmian hingga pengoperasiannya.

BACA: Molor Lagi, Proyek Rehab Total Puskesmas Mantuil Ditarget Rampung 100 Persen pada Februari 2023

Menjawab ini M Ramadhani mengklaim, yang membuat keterlambatan ini adalah karena perekrutan nakes yang berkendala. “Untuk perekrutan ini ternyata kita harus berkoordinasi dengan Mempan RB dan pimpinan terlebih dahulu,” ujarnya Senin (3/4/2023).

Jika mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kemenpan RB, perekrutan tidak bisa dilakukan langsung oleh dinas, karena harus masuk ke dalam seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) terlebih dahulu. “Padahal kami telah menganggarkan dana untuk merekrut nakes di puskesmas ini dari dana APBD,” ungkapnya.

Terkait opsi relokasi nakes dari puskesmas lain, M Ramadhan mengungkapkan tidak bisa melakukannya. Karena ia khawatir ini dapat membuat kekurangan nakes untuk puskesmas lain yang terkena relokasi. “Malah yang ada mereka akan kewalahan dari relokasi ini,” tuturnya singkat.

“Selama belum ada izin untuk pengoperasionalannya, Puskesmas Mantuil ini akan berada di bawah kelola Puskesmas Pekauman,” sambungnya.

BACA JUGA: Menyoroti Pelayanan Publik Pulau Bromo Mantuil

Hal ini karena untuk melakukan perekrutan yang boleh hanya puskesmas yang memiliki status Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Maka untuk penempatan nakes di Puskesmas Mantuil, harus berasal dari rekrutmen Puskesmas Pekauman terlebih dahulu.

Meski demikian, M Ramadhan mengklaim untuk proses perekrutan nakes saat ini sudah berjalan, dan ditargetkan akan bisa beroperasi di bulan Mei mendatang.

“Insyaallah akan mulai berjalan di bulan Mei, mengingat ini tinggal nakes saja, karena untuk pembangunan serta sarana dan prasarana di Puskesmas Mantuil telah lengkap terisi,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.