Bantu Warga Terdampak Banjir Berbuka Puasa, Dinsos HSS Dirikan Dapur Umum di Kota Kandangan

0

MUSIBAH banjir melanda Kota Kandangan dan sekitarnya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berdampak terhadap aktivitas warga. Terlebih lagi, saat ini memasuki bulan puasa.

SEPERTI di Kecamatan Kandangan, ibukota Kabupaten HSS, ada empat kelurahan terdampak yakni Kelurahan Kandangan Kota, Kandangan Barat, Kandangan Utara serta Kelurahan Jambu Hilir.

Di empat kelurahan ini, banyak perumahan warga direndam banjir, sehingga masyarakat tidak bisa melakukan aktivitas. Bahkan, banyak pula warga yang telah dievakuasi relawan gabungan dari BPBD HSS dan pihak terkait ke daerah lebih tinggi.

Demi meringankan beban warga terdampak banjir di 4 kelurahan ini, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten  HSS telah mendirikan dapur umum di Markas  Taruna Siaga Bencana (Tagana) pada Minggu (26/3/2023) sejak pukul 15.00 Wita.

BACA : Sungai Loksado Dan Amandit Meluap, 5 Kecamatan Di Kabupaten HSS Terendam Banjir

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah mengatakan pendirian dapur umum ini dikhususkan bagi warga terdampak banjir di 4 kelurahan yang ada di Kecamatan Kandangan.

“Sedangkan, untuk desa-desa lainnya yang terdampak banjir bisa menggunakan anggaran di masing masing desa,” kata Nordiansyah.

Menurut dia, warga terdampak banjir akibat luapan Sungai Amandit dan tinggi curah hujan bisa saling membantu khususnya untuk berbuka puasa.

BACA JUGA : Sungai Amandit Meluap Diguyur Hujan Deras, Kota Kandangan dan Sekitarnya Diserbu Air

“Pendirian dapur umum ini juga melihat perkembangan banjir yang terjadi. Jika kondisi banjir bertambah maka tidak menutup kemungkinan dapur umum juga diberlakukan untuk keperluan sahur bagi warga terdampak,” beber Nordiansyah.

Dia memastikan untuk berbuka puasa ini khususnya pihak Dinas Sosial telah menyiapkan 3.600 nasi bungkus yang nantinya siap diambil oleh perwakilan RT di masing masing kelurahan.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.