Toko Perlengkapan Dan Bahan Bangunan Kawasan Pasar Baru Terbakar

0

KAWASAN pertokoan dan pusat perdagangan Pasar Harum Manis di jalan Pasar Baru, terbakar. Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (22/3/2023), sekitar pukul 10.30 WITA.

KOBARAN api terlihat bangunan toko Sinar Muda yang menjual perlengkapan dan bahan-bahan bangunan.

Menurut keterangan saksi, Edo pemilik toko Berkah Bangunan menjelaskan kebakaraan diketahui dari asap hitam di lantai tiga bangunan tersebut. “Saya melihat asap hitam keluar dari bangunan toko Sinar Muda di lantai 3, setelah itu saya langsung berteriak memberitahukan kepada warga ada kebakaran,” tuturnya.

BACA: Angin Kencang Sulitkan Petugas Padamkan Api, 7 Rumah di Banyiur Ludes Terbakar

Atas dukungan relawan Damkar BPK/PMK Kota Banjarmasin, api dapat dikuasai hampir 1 jam lamanya. Namun api tidak merembet ke bangunan lain, sehingga kerugian dapat diminimalisir.

Menurut Korlap BPBD Kota Banjarmasin Yosida menuturkan, dari peristiwa ini tidak ada korban jiwa. “Meskipun teman-teman relawan Damkar BPK/PMK mengalami kendala karena kurangnya suplai dan sumber air, namun dapat diatasi secara estapet,” katanya.

“Sebagian bangunan toko Sinar Muda lantai 2 yang dijadikan sebagai gudang, menyimpan beberapa barang yang mudah terbakar. Seperti cat, minyak tiner, ember plastik dan lain-lain,” ujarnya.

BACA JUGA: Si Jago Merah Mengamuk di Kelayan, Tercatat Sementara 4 Rumah Warga Sisa Puing

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Banjarmasin H Husni Thamrin membenarkan telah terjadi musibah kebakaran di kawasan pertokoan dan perdagangan di jalan Pasar Baru RT 15 RW 02, Kelurahan Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

“Toko yang terbakar adalah milik Yusuf Bonedi Kusuma (77 tahun). Untuk penyebab utama akibat kebakaran masih dalam proses penyidikan dari pihak kepolisian setempat, dan untuk kerugian masih dalam pendataan,” kata H Husni Thamrin.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.