Si Jago Merah Mengamuk di Kelayan, Tercatat Sementara 4 Rumah Warga Sisa Puing

0

KEBAKARAN melanda kawasan Kelayan. Perkampungan padat penduduk di RT 04 RW 02, depan Gang Kurnia, Jalan Kelayan B, Kelurahan Kelayan Timur, Banjarmasin diamuk si jago merah.

API merah menyala hebat, tampak mengamuk dengan kuatnya usai ditiup angin kencang di kawasan Kelayan B, Senin (13/2/2023) sekira pukul 11.30 Wita.

Tak berapa lama, relawan pemadam kebakaran dengan armadanya datang ke lokasi. Beruntung, karena berada di tepi Sungai Kelayan, pasokan air yang dipakai para relawan bisa mengepulang api dari segala penjuru.

“Dalam kejadian, tidak ada korban jiwa. Hampir satu jam, api baru bisa dipadamkan oleh relawan damkar dibantu warga,” ucap Ketua RT 04 Kelurahan Kelayan Timur, Syahriansyah kepada jejakrekam.com, Senin (13/2/2023).

BACA : Hasil Labfor; Penyebab Kebakaran Gedung Biro SDM Polda Kalsel Akibat Korsleting

Usai api bisa dijinakkan dan dilakukan pendinginan di lokasi kebakaran, petugas dari Polsek Banjarmasin Selatan langsung memasang garis polisi. Pihak kepolisian meminta keterangan warga dan saksi guna mengetahui penyebab kebakaran.

Kondisi bangunan pasca kebakaran di Kelayan B, usai dipasang garis polisi untuk keperluan penyelidikan. (Foto Sirajuddin)

Akibat amukan si jago merah, tercatat sementara ada 4 rumah warga mengalami rusak berat. Terdata, bangunan rumah berkonstruksi kayu milik Abdul Hamid dengan 6 jiwa mengalami kebakaran 70 persen, menyisakan puing-puing hitam.

BACA JUGA : Evaluasi Total Mitigasi, Respon dan Pemulihan Bencana Kebakaran di Banjarmasin

Kemudian, Sulaiman (1 kepala kepala) dihuni 4 jiwa, dilaporkan 80 persen mengalami kerusakan. Kemudian, rumah milik Abdul Halim yang juga dihuni 4 jiwa mengalami kerusakan 90 persen. Terapah, milik Ahmad Yani (almarhum) yang dihuni 5 jiwa mengalami 100 persen kerusakan.

Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin juga datang ke lokasi. Mereka turut membaur membantu para relawan sekaligus mendata korban terdampak kebakaran.

BACA JUGA : 2021 Tercatat 53 Kasus Kebakaran, Pakar Kota ULM : Bukti Banjarmasin Tak Aman dan Layak

“Kami masih melakukan pendataan untuk nantinya diserahkan ke Dinas Sosial Kota Banjarmasin guna mendapat bantuan. Sedangkan, penyebab kebakaran masih ditangan pihak kepolisian. Ditaksir kerugian ini mencapai ratusan juta,” imbuh petugas BPBD Kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.