Resmikan SPAM Banjarbakula, Jokowi Sebut Bisa Suplai Air Bersih bagi 60 Ribu Rumah Tangga

0

BERTANDANG ke ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula, Loktabat Utara, Banjarbaru, Jumat (17/3/2023).

DIRJEN Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Diana Kusumastuti mengungkapkan bahwa pembangunan SPAM Banjarbakula dimulai sejak tahun 2014 hingga 2022 lalu.

“Alhamdulillah, sudah kami serah terimakan pada Juni 2022 kepada Pemprov Kalsel. Sedangkan SPAM Banjarbakula ini memiliki dua Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas masing-masing 250 liter dan 500 liter per detik. Jadi total kapasitas sebesar 750 ribu per detik,” beber Diana Kusumastuti.

Diana menjelaskan bahwa SPAM Banjarbakula ini menjadi SPAM pertama di Kalimantan yang dimanfaatkan secara regional. “SPAM Banjarbakula ditargetkan akan melayani sebanyak 74.202 sambungan rumah tangga secara bertahap dan dapat terlayani pada tahun 2024,” ujarnya.

BACA : Pemprov Kalsel Jamin Pasokan Air PDAM Alalak Disuplai SPAM Banjarbakula

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan  SPAM Banjarbakula yang menelan anggaran sebesar Rp 787 miliar harus digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“SPAM Banjarbakula yang telah dibangun di sini adalah tahap kedua. Dan SPAM Banjarbakula ini bisa menyuplai 60.000 rumah tangga yang memerlukan air minum,” ujar Jokowi, sapaan akrabnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan SPAM Banjarbakula mengambil bahan baku dari air Sungai Riam Kanan yang lokasinya berjarak sekitar 20 kilometer.

BACA JUGA : SPAM Banjarbakula Bantah Jual Air, Sebut Hanya Biaya Operasional

“Air Sungai Riam Kanan dibawa ke sini, diolah sampai bersih kemudian di suplai ke 60.000 rumah tangga tadi yang tersebar di lima kabupaten/kota di Kalimantan Selatan yakni Banjarbaru, Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, dan Kabupaten Barito Kuala,” ucap orang nomor satu di Indonesia.

Dalam peresmian SPAM Banjarbakula, tampak hadir Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin, Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor, Penjabat Bupati Batola Mujiyat dan Bupati Tanah Laut Sukamta menemani Presiden Jokowi.

Ditemui terpisah, Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Arifin menghaturkan terima kasih karena SPAM Banjarbakula dibangun menggunakan anggaran dari pusat (APBN) melalui pos Kementerian PUPR secara langsung.

BACA JUGA : RUPS Luar Biasa Putuskan Tarif Beban Tetap PT AM Intan Banjar Dibatalkan

“Kami atas nama Pemerintah Kota Banjarbaru,  berterima kasih pada Presiden Jokowi serta seluruh jajaran PUPR yang telah membangunkan SPAM  Banjarbakula ini,” ucapnya.

Aditya berharap dengan adanya SPAM, akan membantu para warga mendapatkan air bersih.  “Mudah-mudahan kebutuhan air bersih di Kota Banjarbaru dan Kabupaten/Kota lainnya yang terdampak bisa mensuplai seluruh kebutuhan masyarakat berkaitan dengan air bersih,” kata Ketua DPW PPP Kalsel ini.

Tak hanya itu, Aditya menerangkan bahwa SPAM Banjarbakula yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat dimana beberapa tahun lalu mulai dibangun, kini sudah mulai difungsikan.

“Alhamdulillah, hari ini tidak ada dampak kekurangan air lagi di Kota Banjarbaru dan Kabupaten/Kota yang teraliri. perihal tarif air yang naik akibat pengenaan pajak air, pemerintah sudah berkomitmen tidak ingin memberatkan masyarakat yang penting masyarakat terlayani,” imbuh Ovie-sapaan akrab Aditya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.