Meriahkan BSF, Walikota Ibnu Sina Bikin Edaran Warga Serentak Pakai Sasirangan Esok Hari

0

DEMI memeriahkan perhelatan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-7 tahun 2023 yang jadi even tahunan, Walikota Ibnu Sina mengeluarkan belied baru.

ORANG nomor satu di Balai Kota Banjarmasin mengeluarkan surat edaran agar seluruh warga kota bisa serentak mengenakan baju sasirangan pada Sabtu (11/3/2023).

Kebijakan ini dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Walikota Nomor 556/0290-PAR/DISBUDPORAPAR/III/2023. Edaran yang dikeluarkan oleh Walikota Banjarmasin agar (BSF) tahun 2023, bisa lebih meriah lagi dengan semarak kain ‘batik jemputan’ khas Banjar itu.

“Hal ini sebagai upaya peningkatan, penggunaan, serta pembiasaan cinta dan bangga produk lokal, maka perlu adanya gerakan bersama penggunaan produk sasirangan,” begitu bunyi SE Walikota Banjarmasin.

BACA : Mengaktualisasikan Ornamen Rumah Tradisional Banjar dalam Motif Kain Sasirangan

Bagi Ibnu Sina, dengan adanya gerakan bersama mengenakan baju atau setelan kain sasirangan bisa menggugah masyarakat untuk mencintai budaya lokal.

“Ayo, kita bangga memakai sasirangan, sekaligus memeriahkan dalam rangka acara besar seperti ini. Kami ingin dalam pawai Banjarmasin Sasirangan Festival, semua warga yang hadir pakai sasirangan,” ucap Ibnu Sina kepada awak media di Banjarmasin, Jumat (10/3/2023).

BACA JUGA : APINDO Kalsel Ekspor Sasirangan dan Tas Purun ke Amerika

Mantan anggota DPRD Kalsel ini menegaskan esensi edaran itu adalah mengajak seluruh masyarakat berperan serta dalam memeriahkan acara BSF. Caranya, sehari memakai sasirangan pada esok hari.

“Terserah mau yang resmi. Yang formal, yang non formal, yang kaos maupun yang kain, silahkan dipakai pada hari itu. Jadi, kita ramaikan Banjarmasin Sasirangan Festival,” imbuh Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis Fery Oktavian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.