APINDO Kalsel Ekspor Sasirangan dan Tas Purun ke Amerika

0

ASOSIASI Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalsel berhasil mencatatkan sejarah dengan berhasil melakukan ekspor perdana produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Banua.

KALI ini produk UMKM di Kalsel yang dikirim adalah berupa baju sasirangan bahalap Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan kerajinan berupa tas purun dari Hulu Sungai Utara (HSU).

Atas pencapaian tersebut, Ketua Apindo Kalsel DR Supriadi, S.PD, MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah, duta besar Indonesia di USA dan Diaspora Indonesia di Amerika yang telah membantu memberikan jalan sehingga ekspor perdana produk UMKM Kalsel dapat terlaksana.

BACA : Apindo Jamin UMKM Kalsel Bisa Tembus Ekspor Ke Amerika Dalam 2 Bulan

“Kami berharap program ekspor pelaku UMKM ini dapat membantu pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang sempat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalsel. Selain melalui ekspor ini juga bisa memotivasi para pelaku UMKM di daerah agar bisa meningkatkan produktifitas sehingga bisa mengejar peluang ekspor ke Amerika,” tegasnya.

Dirinya mengatakan ekspor perdana ini sebenarnya sudah dipersiapkan pihaknya sejak 2 bulan lalu, setelah pertemuan Apindo Kalsel dengan duta besar dan konsulat di beberapa negara bagian di Amerika. 

Ketua APINDO Kalsel, Supriadi

“Ke depan Apindo Kalsel juga berusaha untuk menjalin kerja sama dengan negara lain seperti Eropa hingga Australia. Bahkan dijadwalkan Agustus 2022 mendatang Apindo Kalsel akan kembali melakukan ekspor ke Amerika, semoga pengiriman nanti akan lebih banyak pelaku UMKM yang bisa tergabung,” harapnya

Sementara itu, Majeri, pemilik bahalap sasirangan yang kali ini beruntung bisa ikut ekspor perdana dan mengirim produk pakaiannya, mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Apindo Kalsel yang sudah mau peduli dengan pelaku UMKM seperti dirinya.

“Rasanya kami seperti bermimpi sasirangan olahan kami bisa ekspor ke Amerika. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kain kebanggaan kami bisa ekspor ke Amerika,” bebernya.

Tidak berbeda, Aisyah pelaku UMKM pembuat kerajinan tas purun dari desa Palimbang Sari Kecamatan Haur Gading Amuntai, juga mengucapkan syukur dan bangga dengan Apindo Kalsel yang sudah membantunya memasarkan produk olahannya hingga ke Amerika.

“Terimakasih buat Apindo Kalsel sudah mewujudkan mimpi kami untuk ekspor keluar negeri,” pungkasnya.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.