Cipta Kondisi Jelang Ramadhan, Polresta Banjarmasin-Satpol PP Razia Balap Liar dan PKL

0

RAZIA gabungan digelar Polresta Banjarmasin bersama Satpol PP dan Dishub Kota Banjarmasin, menyasar ruas Jalan A Yani dan Jalan Pramuka pada Minggu (5/3/2023) dini hari.

OPERASI gabunganmenyasar para pengguna knalpot blong, karena diduga kuat melakukan balapan liar (bali). Usai menyusuri jalan beberapa saat, petugas berhasil mengamankan setidaknya 6 unit sepeda motor terduga balap liar. Ada pula, seorang pemuda yang kedapatan sedang mabuk di pinggir jalan.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Banjarmasin, Kompol M Noor Chaidir memastikan giat razia akan rutin dilakukan sepanjang malam, jelang bulan suci Ramadhan.

“Kami antisipasi sedari awal untuk para pengguna knalpot blong. Jadi, ketika memasuki bulan Ramadhan sudah dalam keadaan tertib sehingga masyarakat bisa khusyuk dalam melakukan ibadah,” kata Kompol M Noor Chaidir.

BACA : Tilang Belasan Motor Diduga Pakai Balapan Liar, Usai Lebaran Baru Bisa Diambil

Ia mengatakan petugas akan standby melakukan giat pada jam di atas tengah malam. Dari pantauan, para pelaku balap liar ini biasanya beraksi pada jam 2 hingga 4 dini hari. “Kami akan fokus di sekitaran Jalan A Yani Kilometer 4 hingga Kilometer 6,” kata Chaidir.

Untuk motor terjaring, ditahan dulu selama 2 minggu hingga 1 bulan sebelum dikembalikan kepada pemiliknya. Kemudian, diberikan surat tilang. “Ini sifatnya untuk memunculkan efek jera, agar mereka tidak melakukan lagi balap liar ini,” ujar Chaidir.

BACA JUGA : Berlakukan Zero ODOL 2023, Terapkan Uji KIR, Dishub Gandeng Satlantas Polresta Banjarmasin

Sementara itu, Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibum Tranmas) Satpol PP Kota Banjarmasin Hendra mengatakan giat gabungan guna membackup pihak Polresta Banjarmasin. “Kami fokus dalam menertibkan para pedagang yang berjualan di pinggir jalan,” ujarnya.

Alhasil, giat malam itu, Satpol PP berhasil mengamankan beberapa pedagang yang masih nakal untuk berjualan di pinggir jalan hingga trotoar. “Meraka langsung kami tertibkan. Selanjutnya, akan didata,” kata Hendra.

BACA JUGA : Tertib Lalu Lintas Jadi Materi Pelajaran Di Sekolah, Disdik-Satlantas Polresta Banjarmasin Jalin Kerja Sama

Dia menambahkan, giat itu rutin digelar untuk operasi pengamanan, seperti menjaring PKL yang melanggar hingga pengamanan anak jalanan dan gelandangan pengemis serta tempat hiburan malam (THM) hingga jelang bulan Ramadhan.

“Kami adakan terus giat ini, baik ada permintaan atau tidak dari pihak Polresta Banjarmasin. Ini akan terus dimaksimalkan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/03/06/cipta-kondisi-jelang-ramadhan-polresta-banjarmasin-satpol-pp-razia-balap-liar-dan-pkl/
Penulis Fery Oktavian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.