Petahana Kembali Ikut Seleksi, Tersedia 5 Kursi Komisioner KPU Kalsel Diincar 73 Pelamar

0

HARI terakhir masa pendaftaran calon anggota KPU Provinsi Kalimantan Selatan periode 2023-2028 didapat ada 73 pelamar telah menyerahkan berkas ke tim seleksi (timsel).

PENUTUPAN masa pendaftaran ini ditetapkan Timsel Calon Anggota KPU Kalsel, usai menerima 73 dokumen fisik persyaratan bakal calon pada Selasa (21/2/2023) pukul 24.00 Wita.

Jumlah peminat kursi komisioner KPU Kalsel terbilang sedikit. Sebab, saat pendaftaran sistem online melalui aplikasi sistem informasi anggota KPU dan badan ad-hoc (Siakba) terdeteksi ada 337 orang yang melamar.

“Hingga batas hari terakhir pada Selasa (21/2/2023) pukul 24.00 Wita, sudah ada 73 pelamar yang menyerahkan hard copy. Sedangkan, yang mendaftar di aplikasi website Siakba, terdapat 337 orang,” ucap anggota Timsel Calon Anggota KPU Kalsel periode 2023-2028, Varinia Pura Damaiyanti didampingi rekannya, Moh Yamin kepada jejakrekam.com, Selasa (21/2/2023) malam.

BACA : Masa Komisioner KPU Kalsel Berakhir 24 Mei 2023, Didominasi ULM-UIN Antasari, Ini 5 Timsel Terpilih!

Menurut Varinia, dari total pelamar yang terdata di akun Siakba sebanyak 337 orang, terkonfirmasi menyerahkan berkas pencalonan terdapat 88 orang. Terdiri dari 68  laki-laki dan 20 perempuan.

“Dari total 88 orang itu, ternyata hanya 76 orang yang menyerahkan berkas fisik. Sementara, tiga pelamar berkasnya tidak lengkap. Selanjutnya kami kembali guna memenuhi kelengkapan berkas, ternyata tidak juga menyerahkannya kembali,” kata akademisi FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini.

BACA JUGA : Anggaran KPU-Bawaslu Naik 3 Kali Lipat, Honor Penyelenggara Pemilu 2024 Gede

Dari pantauan jejakrekam.com, dari data Sekretariat Timsel KPU Kalsel di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI), Jalan A Yani Km 4, Banjarmasin, ternyata empat petahana ikut pula berkompetisi kembali.

Mereka adalah Hatmiati Masy’ud, Edy Ariansyah, Siswandi Reya’an dan Nurzazin yang masih satu periode di KPU Kalsel, usai terpilih dalam seleksi ketat pada 2018 lalu.

Tak hanya para incumbent, ada pula para pelamar komisioner KPU Kalsel ini berasal dari anggota KPU kabupaten/kota di Kalsel. Di antaranya, Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah bersama koleganya; Heri Wijaya, Ketua KPU Tanah Bumbu Makhruri serta Ketua KPU Hulu Sungai Tengah (HST), Murjani.

BACA JUGA : Jabatan Segera Berakhir, Komisioner Ramai-Ramai Daftar di KPU dan Bawaslu RI

Peminat komisioner penyelenggara pemilu dan pilkada Kalsel 2024 ini juga datang dari Bawaslu Kalsel. Di antaranya, Azhar ‘Aldo’ Ridhanie, Nur Kholis Majid, hingga mantan pengawas lainnya; Iwan Setiawan dan Erna Kasypiah.

Ada pula dari jajaran akademisi ULM. Seperti, Mahyuni dan Andi Tenri Sompa dari FISIP. Bahkan, dari kalangan birokrasi Pemprov Kalsel, tersebut nama Sulkan (Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Gubernur Kalsel) yang sebelumnya pernah menjabat Ketua Panwaslu Kota Banjarmasin ini.

BACA JUGA : Dicari 50 Pendaftar, Besok Timsel Buka Rekrutmen Calon Anggota KPU Kalsel, Ini Persyaratannya!

Usai masa pendaftaran ditutup pada pukul 23.59 WIB, timsel melanjutkan penelitian berkas administrasi guna mendapat 50 pelamar yang akan memperebutkan 5 kursi komisioner, dengan tahapan penyaringan berjenjang.

“Dari 50 pelamar yang lulus seleksi tahap administrasi, mereka berhak mengikuti tahapan ujian Computer Assisted Test (CAT). Soal tanggal dan tempat masih belum fix, karena harus mengecek ketersedian komputer untuk ujian CAT,” pungkas Varinia.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.