Luncurkan Kirab Pemilu, KPU Kalsel Ingatkan Setahun Lagi Hari Pemungutan Suara; Rabu, 14 Februari 2024

0

NONTON bareng (nonbar) kirab Pemilu 2024 bertema Pemilu sebagai Integritasi Bangsa serentak di 8 titik seluruh Indonesia dimotori KPU RI digelar KPU Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Selasa (14/2/2023).

KALIMANTAN Selatan memang tak termasuk dalam peluncuran kirab pemilu secara langsung di lapangan. Karena hanya 8 KPU yang mewakili yakni KPU RI di Jakarta, KIP Aceh, KPU Kota Batam, KPU Kalbar, KPU Kaltara, KPU Kabupaten Moratai, KPU Nusa Tenggara Timur dan KPU Papua yang dinonton bersama.

Nonbar kirab pemilu ini dihadiri pejabat Forkopimda Kalsel, perwakilan 19 parpol  peserta pemilu, bakal calon anggota DPD RI, ormas, media massa serta perwakilan organisasi kemahasiswaan di Kantor KPU Kalsel, Jalan A Yani Km 3, Banjarmasin, Selasa (14/2/2023).

“Kirab Pemilu 2024 ini merupakan sarana bagi KPU untuk menyosialisasikan ke seluruh parpol yang kemudian disampaikan ke warga masyarakat,” kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kalsel, Edy Ariansyah kepada awak media.

BACA : Pakar Hukum Administrasi ULM Sebut Pilkada Langsung Sita Waktu dan Berbiaya Besar

Menurut Edy, peluncuran kirab pemilu juga mengingatkan bahwa setahun lagi akan digelar hari pemungutan suara pemilu pada Rabu, 14 Februari 2024.

“Kegiatan ini penting agar penyelenggaran pemilu serentak 2024 mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat. Jadi, semua stakeholders bisa bahu-membahu untuk penyelenggaraan pemilu,” ucap mantan Ketua KPU Kalsel ini.

Dia memastikan sosialisasi kepemiluan tak berhenti pada kirab pemilu tetapi kontinyu. Menurut dia, kirab pemilu di 8 titik itu hanya titik awal atau start menuju menyukseskan Pemilu 2024.

BACA JUGA: KPU Kalsel Gaet 50 Warga jadi Kader Desa Peduli Pemilu

“Kalsel termasuk regional Kalimantan. Jadi, starnya dari KPU Kalbar berlanjut ke Kalteng, berikutnya ke Kalsel. Khusus wilayah Kalsel dimulai dari Kota Banjarmasin, Barito Kuala (Batola), Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), berlanjut ke Tabalong dan Balangan. Kemudian, ke Kabupaten Tanah Bumbu, ke Kotabaru, ke Tanah Laut, ke Kota Banjarbaru dan berakhir ke Kabupaten Banjar,” tutur Edy.

Dengan daerah yang dilintasi kirab pemilu, Edy berharap sosialisasi kepemiluan benar-benar tepat sasaran dan diketahui khalayak, khususnya bahwa hari pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024.

BACA JUGA : Bukan Berstatus Ibukota Provinsi, Banjarmasin Tak Lagi Dapil Kalsel 1 di Pemilu 2024

“Sebab, pemilu merupakan sarana integrasi bangsa ini menyatukan seluruh anak bangsa, meskipun perbedaan pandangan , berbeda pilihan politik, berbeda referensi politik masing-masing, namun kita semua tetap dalam satu bingkai  Kebhinnekaan Tunggal Ikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.