Media Miliki Kemampuan Awasi Politik Uang di Pemilu 2024

0

MEDIA memiliki kemampuan dan berperan penting dalam mengawasi politik uang dalam pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang.

ALASANNYA, media sangat dibutuhkan masyarakat untuk mengungkap indikasi setiap kecurangan. “Masyarakat sangat berharap peran media sebagai sosial kontrol, termasuk pengawasan politik uang,” ucap pengusaha H Martinus dalam diskusi ‘Peran Media Dalam Perhelatan Politik 2023-2024’ di Efa Hotel Banjarmasin, Minggu (15/1/2023).

Menurutnya, langkah tepat HUT ke-6 media online jejakrekam.com, untuk memberikan wawasan dan edukasi kepada semua komponen, khususnya menyangkut peran media di tahun politik 2023-2024 ini.

BACA JUGA: Bawaslu Kalsel Menaruh Harapan Agar Media Berperan Mewujudkan Pemilu Demokratis Dan Berintegritas

Sebab itu, sambung Ketua Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) Kalsel ini, tak hanya mereka yang berkontestasi dalam politik uang yang harus diawasi, namun penyenggara pesta demokrasi itu pun juga sangat perlu diawasi.

“Politik uang dapat menjadi penyakit dalam setiap gelaran pemilu. Saya setuju praktik politik uang menjadi masalah, maka perlu peran besar para wartawan dalam mengawasi itu,” tandas politisi Partai NasDem Kalsel ini.

Martinus menilai, praktik seperti ini berpotensi merusak sistem demokrasi, lantaran masyarakat dapat terpengaruh besaran uang untuk menentukan pilihannya. “Money politics berpotensi merusak sistem demokrasi yang berkualitas,” papar mantan penjabat Walikota Banjarbaru ini.

BACA JUGA: Bawaslu Ajak Mahasiswa Tolak Money Politik

Media dan wartawan  harus dapat mengantisipasi potensi meluasnya politik uang, sehingga masyarakat paham tentang bahaya dari politik uang bagi kualitas demokrasi.

Diskusi ‘ Peran Media Dalam Perhelatan Politik 2023-2024 dalam rangka HUT ke-6 media online jejakrekam.com (foto:Asyikin)

Sementara, Prof Dr HM Hadin Muhjad mengakui, Pemilu Langsung Umum Bebas dan Rahasi ( Luber) tidak berjalan semestinya. “Semua aturan yang ada pada pemilu itu selalu dilanggar, baik oleh penyelenggara pemilu maupun kontestan peserta pemilu,” tambah manta Wakil Rektor Univeritas Lambung Mangkurat (ULM) ini.

Untuk itu, Guru Besar Fakultas Hukum ini, meminta, wartawan dan media mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2024. “Peran wartawan sangat urgen dalam mengawasi Pemilu 2024,” paparnya.

Senada itu, Dr H Subhan Syarief berharap, media dapat berpihak kepada rakyat, untuk melakukan pencerdasan dan pendidikan. “Media mampu mendidik masyarakat, dan mampu pula memunculkan kualitas dalam berdemokrasi yang disenangi rakyat,” jelasnya.

BACA JUGA: Hadapi Politik Uang di Pemilu 2024, Akademisi ULM Sarankan Bawaslu Bisa Dekati Ulama

Pengamat komunikasi Dr Fahrianoor menyarankan partai politik (Parpol) mampu berkolaborasi dengan media. “Banyak persoalan yang ditangkap dari pemberitaan di media, dan parpol dapat bersinergi dengan media,” tuturnya.

Sehingga, kata dosen komunikasi ini, parpol mampu menangkap permasalahan dengan membangun komoditas politik. “Parpol bisa lebih kritis terhadap persoalan di sekitarnya. Seperti persoalan ketenagakerjaan, ekonomi, social dan lainnya,” sebut Fahrianoor.

Pemimpin Redaksi jejakrekam.com Didi G Sanusi, berharap, media online jejakrekam yang dipimpinnya dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan edukasi dalam pesta demokrasi 2024.

“Banyak jejak digital para tokoh, dan warga yang terekam di jejakrekam.com. Selama 6 tahun lahirnya jejakrekam.com, ternyata berbeda dengan media lainnya, sebagai bentuk ciri khas bagi pembacanya,” imbuh Koordinator Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Biro Banjarmasin ini.

BACA JUGA: Ungkap 72 Persen Persepsi Publik Kalsel Tergoda Politik Uang, Rifqi : Bikin Politisi Baik Putus Asa!…

Diskusi dipandu M.Ramadhani (Bang Dhani) menghadirkan, akademisi, politisi (partai politik), aktivis, LSM, praktisi, dan wartawan.  

Dimulai dengan sepatah kata dan sambutan dari perwakilan pendiri jejakrekam.com Ahmad Fikri Hadin SH LLM, dan Pemimpin Perusahaan PT Jejak Rekam Bhanuwa Darul Huda Mustaqim SH MH. (jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/01/15/media-miliki-kemampuan-awasi-politik-uang-di-pemilu-2024/
Penulis Asyikin
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.