Jembatan Sulawesi 2 Sempat Dibuka Jelang Tutup Tahun, Esoknya Ditutup Lagi, Ada Apa?

0

VIDEO pendek berdurasi 0.22 detik sempat viral di media sosial soal dibukanya Jembatan Sulawesi 2 yang menghubungkan Jalan Mesjid Jami, Surgi Mutfi-Sungai Jingah ke Jalan Sulawesi, Pasar Lama, Sabtu (31/1/2022) sore.

DALAM video itu, tampak seorang pengendara motor mengabadikan momen ketika sejumlah pengguna menikmati bangunan bangun Jembatan Sulawesi 2 yang telah selesai digarap kontraktor pelaksana; PT Hasrat Jaya Utama berbiaya Rp 15,3 miliar lebih.

Diduga pembukaan ini untuk mengurai kemacetan saat jelang malam pergantian tahun 2022 ke tahun 2023. Bahkan, ada pula yang menaksir karena ada uji coba terlebih dulu, sebelum nanti resmi digunakan oleh publik.

Hal ini setelah, rekayasa antisipasi lalu lintas diberlakukan oleh Ditlantas Polda Kalsel pada Sabtu (31/1/2022) sore di sejumlah ruas jalan di wilayah Kota Banjarmasin.

BACA : Awal Tahun 2023 Diresmikan Walikota, Bercat Biru-Kuning Jembatan Sulawesi 2 Bisa Dinikmati Warga

Di antaranya, Jalan Sultan Adam-Pangeran Hidayatullah, Jalan Perintis Kemerdekaan-Kampung Melayu-Veteran-Kuripan-Gatot Subroto-A Yani, hingga ruas jalan di Jembatan Pangeran Antasari menuju pusat kota.

Tak lama usai video memperlihatkan Jembatan Sulawesi 2 dibuka bagi akses publik, ternyata pada Minggu (1/1/2022) pagi, langsung ditutup. Ditandai dengan pemasangan barrier besi (penghalang) di bagian oprit Jembatan Sulawesi 2.

BACA JUGA : Tender Sempat Tertunda, Dinas PUPR Banjarmasin Optimistis Jembatan Sulawesi 2 Rampung Akhir 2022

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin Suri Sudarmadiyah menegaskan tidak ada perintah untuk membuka akses lalu lintas di Jembatan Sulawesi 2.

“Kami belum memerintahkan untuk itu. Saya juga heran kenapa bisa Jembatan Sulawesi 2 yang baru rampung dibuka, sebelum diresmikan oleh Walikota Banjarmasin,” kata Suri Sudarmadiyah kepada jejakrekam.com, Minggu (1/1/2022).

BACA JUGA Tahun 2023, Sudah Bebaskan Lahan, Kaki Oprit Jembatan Pramuka-Sei Gampa Bisa Terbangun

Mantan Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR Provinsi Kalsel ini berharap agar para pengguna jalan untuk bersabar. Dia memastikan sesuai agenda tetap pada pekan awal Januari 2023 ini akan dibuka untuk publik.

“Sekali lagi saya tidak tidak memerintahkan untuk akses Jembatan Sulawesi 2 dibuka bagi arus lalu lintas,” kata Yayah, sapaan akrab pejabat Balai Kota ini.

Apakah ada oknum yang tak bertanggungjawab berani membuka akses Jembatan Sulawesi 2 sebelum ada perintah resmi? Yayah enggan menjawabnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.