Awal Tahun 2023 Diresmikan Walikota, Bercat Biru-Kuning Jembatan Sulawesi 2 Bisa Dinikmati Warga

0

SEMPAT tersendat akibat insiden kecelakaan kerja, kini proyek Jembatan Kembar Sulawesi 2 telah rampung dikerjakan kontraktor pelaksana; PT Hasrat Jaya Utama dari Banjarmasin.

DIAGENDAKAN pada awal Januari 2023 mendatang akan segera dibuka untuk akses lalu lintas publik. Sejumlah warga Jalan Mesjid Jami, Antasan Kecil Timur (AKT), pun mengaku dikabarkan jika Jembatan Sulawesi 2 ini akan dibuka dan diresmikan oleh Walikota Ibnu Sina pada Jumat (6/1/2023) mendatang.

“Ya, kabarnya itu. Pada 6 Januari 2023 sudah dibuka Pak Walikota, sehingga bisa dipakai warga,” kata Fatimah, warga Antasan Timur Kecil (AKT) kepada jejakrekam.com, Rabu (28/12/2022).

Jembatan Sulawesi 2 yang dikenal dengan sebutan Jembatan Pelamangan oleh warga sekitar itu dengan panjang girder pelengkung bentang 30 meter dan lebar 8 meter (lebar jalan 6 meter dan trotoar masing-masing satu meter di kanan dan kiri dan pagar setinggi 1 meter), melengkapi Jembatan Sulawesi 1 yang telah lama dipakai pengguna jalan.

BACA : Kasus Tewasnya Mandor Diselidiki Polisi, Proyek Penggantian Jembatan Sulawesi 2 Disetop Sementara

Jembatan Sulawesi 2 tampak megah dengan cat biru dan kuning. Cukup kontras dengan jembatan awal yang dicat warna hijau dan kuning, kebanyakan model warna yang dipakai oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin digarap berbiaya Rp 15,3 miliar lebih.

Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin Suri Sudarmadiyah mengakui pada awal 2023 nanti, Jembatan Sulawesi 2 sudah bisa dinikmati warga, khususnya pengguna jalan yang menghubungkan Jalan Sulawesi (Pasar Lama) ke Jalan Mesjid Jami (Surgi Mufti) atau sebaliknya.

BACA JUGA : Tender Sempat Tertunda, Dinas PUPR Banjarmasin Optimistis Jembatan Sulawesi 2 Rampung Akhir 2022

“Proyek Jembatan Sulawesi 2 dikerjakan rekanan atau kontraktor pelaksana telah selesai pada akhir tahun 2022 ini. Ini sesuai dengan target kami,” kata Suri Sudarmadiyah kepada jejakrekam.com, Rabu (28/12/2022).

Menurut dia, Jembatan Sulawesi 2 yang membentang di atas Sungai Kuin dibiayai belasan miliar berasal dari APBD Banjarmasin tahun anggaran 2022.

BACA JUGA : Jangan Gagal Lelang Lagi, Proyek Penggantian Jembatan Sulawesi 2 Dikucur Dana Rp 16 Miliar

“Jembatan baru ini akan mendukung keberadaan jembatan yang ada di sebelahnya (Jembatan Sulawesi 1), karena sudah lama dipergunakan masyarakat. Kami berharap kemacetan yang sering terjadi di kawasan itu bisa terurai,” ucap mantan pejabat Pemprov Kalsel ini.

BACA JUGA : Tahun 2023, Sudah Bebaskan Lahan, Kaki Oprit Jembatan Pramuka-Sei Gampa Bisa Terbangun

Ke depan, menurut Yayah-sapaan akrab pejabat Balai Kota ini, keberadaan jembatan kembar ini bisa meningkatkan roda perekonomian kota. Terkhusus lagi, memperlancar arus barang dan jasa sebagai dampak berikutnya dari tujuan utama guna mengurai titik kemacetan di Kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/12/28/awal-tahun-2023-diresmikan-walikota-bercat-biru-kuning-jembatan-sulawesi-2-bisa-dinikmati-warga/
Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.