Waspada Kerawanan Bencana Alam, Polda Kalsel Apel Pengecekan Personel Dan Peralatan Satgas Kontijensi

0

SIAP siaga dari berbagai kerawanan bencana alam yang biasa terjadi di Kalimantan Selatan (Kalsel), khususnya dipenghujung akhir tahun, Polda Kalsel berkomitmen untuk tetap terus waspada.

KEWASPADAAN tersebut diwujudkan dengan menggelar apel pengecekan personel dan peralatan satgas kontijensi, dalam rangka menghadapi bencana pada Operasi Lilin Intan 2022, di Halaman Polda Kalsel, Jumat (30/12/2022).

Berdasarkan prakiraan BMKG di bulan November 2022 hingga bulan Februari 2023, di berbagai wilayah Indonesia berpotensi terjadi cuaca ekstrim, seperti hujan lebat, angin kencang dan pasang surut air laut, bahkan di Kalsel sudah terjadi.

BACA: Siaga Bencana Alam di Kalsel Pengunjung Tahun 2022, 3.200 Personel Gabungan Disiapkan

Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono mengatakan, kondisi tersebut tentu dapat menyebabkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi yang dapat mengganggu aktifitas bahkan keselamatan jiwa masyarakat.

“Hal tersebut tentunya menjadi atensi kita bersama untuk berupaya dan berusaha mengantisipasi dengan kesiap siagaan, melalui langkah awal berupa pelaksanaan apel kontijensi penanganan bencana alam yang kita laksanakan pada hari ini,” katanya.

“Kita harus segera melakukan aksi nyata baik pada tataran pre-emtif dan preventif untuk meminimalkan kerugian materiil, dan menghindari jatuhnya korban luka dan korban jiwa, apabila bencana benar-benar terjadi,” lanjutnya.

“Saya mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan dan stakeholder terkait untuk membangun komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang baik serta mempersiapkan diri dengan melakukan pengecekan perlengkapan penanggulangan banjir, serta meng-update kembali pemetaan daerah rawan banjir, tanah longsor dan puting beliung di Kalimantan Selatan,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.