Raih Poin Tertinggi, Banjarmasin Rebut Titel Juara Umum MTQ Suara Emas VI Kalsel

0

TIGA hari tiga malam dihelat secara maraton, akhirnya Kota Banjarmasin keluar sebagai juara umum dalam perhelatan MTQ Suara Emas VI Tahun 2022 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

MUSABAQAH Tilawatil Quran (MTQ) Suara Emas gelaran Ikatan Persaudaraan Qari-Qariah dan Hafizh-Hafizhah (IPQAH) Provinsi Kalsel diikuti 150 peserta dari 11 kabupaten/kota se-Kalsel. Even ini digelar di halaman Masjid Jami Tuhfathurroghibin (Masjid Kanas), Kelurahan Alalak Tengah, Banjarmasin pada 23-25 Desember 2022.

Berdasar keputusan Dewan Hakim dan Juri MTQ Suara Emas VI Tahun 2022 bernomor 025/KDH-IPQAH/SE-VI/XII/2022 yang diumumkan pada Minggu (25/12/2022) malam saat penutupan, wakil dari Pengurus Daerah IPQAH Kota Banjarmasin keluar sebagai juara umum dengan poin 28. Disusul, juara kedua atau runner up dipegang Kabupaten Banjar dengan poin 22.

BACA : Berlaga di MTQ Internasional Malaysia, Qari Asal Kalsel Raih Juara Perunggu

Kemudian, Kabupaten Tabalong (15), Kabupaten Hulu Sungai Utara (14) dan terakhir poin 10 disabet wakil Kabupaten Balangan, masing-masing sebagai juara ketiga, keempat dan kelima. Sedangkan, wakil IPQAH kabupaten lainnya harus puas di posisi keenam dan ke-11.

Berbeda dengan MTQ pada umumnya, even ini melombakan cabang tilawah untuk kategori kategori anak (duet), remaja (trio), dewasa (trio), dan purnadewasa (usia 50 tahun), dan cabang saritilawah untuk putra dan putri.

BACA JUGA : Upaya Memasyarakatkan Alquran Melalui Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)

Di atas panggung yang sederhana, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Pemerintah, Hukum dan Politik, Sulkan membuka perhelatan tahunan MTQ Suara Emas gelaran IPQAH Kalsel ini.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel H Muhammad Tambrin menilai MTQ Suara Emas VI ini merupakan ajang pembinaan bagi qari/qariah dan hafidz/hafidzah.

“Jadi, syiar Alquran akan semakin semarak di Kalsel sebagai Babussalam. Ini demi lahirnya generasi Qurani yang menjadi panutan, unggul, cerdas dan berakhaluk karimah,” kata mantan Sekretaris Itjen Kemenag RI ini.

BACA JUGA : Wakili Kalsel, Rizqon-Hj Raudhah Dinobatkan Jadi Qori-Qoriah Terbaik I MTQ Nasional XXIX 2022

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Wilayah IPQAH Provinsi Kalsel H Murjani A Malik mengungkapkan usai Banjarmasin sebagai tuan rumah penyelenggara, maka giliran pada Agustus 2023 mendatang, tongkat estafet itu dipegang Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Untuk diketahui, IPQAH Kalsel baru memiliki 11 pengurus daerah (PD) terdiri dari Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Tabalong, Hulu Sungai Utara, Balangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Tanah Laut, Tapin, Barito Kuala (Batola), Hulu Sungai Tengah (HST) dan PD Persiapan Kotabaru.

BACA JUGA : MTQ XXIX Resmi Ditutup, Ketua Dewan Hakim Umumkan Kalsel Juara Umum 3

“Hanya dua daerah yang tidak ikut serta dalam MTQ Suara Emas VI Tingkat Kalsel di Banjarmasin yakni Kabupaten Tanah Bumbu dan Kota Banjarbaru,” kata Qari Senior Kalsel ini kepada jejakrekam.com, Senin (26/12/2022).

Murjani mengatakan Banjarmasin keluar sebagai juara umum, dan termasuk jumlah peserta terbanyak di antara 11 kabupaten/kota yang mengirim utusan dalam MTQ Suara Emas VI Tingkat Kalsel ini.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/12/26/raih-poin-tertinggi-banjarmasin-rebut-titel-juara-umum-mtq-suara-emas-vi-kalsel/
Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.