Diduga 200 Mobil Digadaikan Pelaku, Merasa Tertipu Puluhan Korban Melapor ke Polda Kalsel

0

DUGAAN kejahatan penggelapan mobil dan penipuan kembali terjadi di Banjarmasin. Puluhan korban akhirnya mendatangi Direktorat Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kalsel, Senin (26/12/2022).

SALAH satu korban, Kusdianto Candra, warga Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur mengungkapkan, awalnya pelaku berinisial NS dan NY yang merupakan suami istri tersebut merental mobilnya pada 2020 lalu.

“Sejak enam bulan lalu, pembayaran agak terlambat dan dua bulan yang lalu tidak melakukan pembayaran,” ucap Kusdianto Candra kepada awak media di Banjarmasin.

Dia bercerita ketika dirinya datang ke rumah pelaku di Sungai Lulut, Gang Mujahidin guna meminta pertanggungjawaban. Ternyata, banyak orang di rumah tersebut. Tujuannya sama mengalami kasus serupa. “Akhirnya, kami berkoordinasi dan berdiskusi hingga sepakat membuat grup whatsapp (WA),” ucap Kusdianto.

BACA : Lakukan Penipuan Lebih Dari 50 Kali, 3 Pelaku Berhasil Dijemput Resmob Macan Kalsel

Atas perkara itu, Kusdianto bersama 20 orang mendatangi Polda Kalsel. Mereka mewakili 117 anggota Grup WA yang menjadi korban dugaan penipuan.

Beragam modusnya. Ada korban yang menggadaikan mobil pelaku. Hingga akhirnya diambil oleh pemilik modal. Ada pula 10 perusahaan rental mobil yang mobilnya digadaikan oleh pelaku. Total mobil tergadai mencapai 200 unit.

“Pelaku sekarang tidak diketahui keberadaannya. Kami sudah berusaha mendatangi kembali rumahnya, namun kosong dan teleponnya  juga tidak bisa dihubungi. Sementara, LPK kursus mengemudi miliknya juga sudah tidak jalan lagi,” beber Kusdianto.

BACA JUGA : Syahina Febrianti Terdakwa Arisan Fiktif Dituduh Lakukan Penipuan Dan Penggelapan

Korban lainnya adalah Fahmi Aida. Warga Barabai ini mengaku meminjamkan uang sebesar Rp 35 juta dengan jaminan mobil. Sudah berjalan satu bulan, ada orang yang datang ke rumah untuk mengambil mobil tersebut.

“Mobil terpaksa saya serahkan dan ketika saya mendatangi rumah pelaku, dia tidak ada di rumah. Saat kami telepon yang bersangkutan tidak aktif,” Fahmi.

BACA JUGA : Lakukan Penipuan Online, WNA Asal Nigeria Diamankan Jajaran Ditreskrimsus Polda Kalsel

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i mengatakan, kepolisian pasti akan menindaklanjuti kasus tersebut apabila dilaporkan. “Kalau sudah dilaporkan pasti ditindaklanjuti dengan proses hukum,” tegas perwira senior Polda Kalsel ini.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/12/26/diduga-200-mobil-digadaikan-pelaku-merasa-tertipu-puluhan-korban-melapor-ke-polda-kalsel/
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.