Libatkan 500 Pelaku UMKM dan PKL, Batfest 2022 Dorong Geliat Ekonomi Batulicin

0

BATULICIN Festival (Batfest) 2022 yang akan mendatangkan belasan artis ibukota. Termasuk, melibatkan sekitar 500 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan pedagang kaki lima (PKL) dari wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

AREA Batfest 2022 untuk PKL dan UMKM terbagi dalam dua area. Yakni, kuliner dan coffee fiesta. Selain dua panggung besar; Lion Stage dan Dragon Stage atau panggung utama berukuran 18 meter x 24 meter.

“Kami melibatkan lebih dari 500 UMKM dan PKL secara gratis untuk ikut meramaikan Batfest 2022 dengan tujuan mendorong kembali geliat ekonomi pasca pendemo covid 19, serta membantu meningkatkan kesejahteraan para UMKM dan PKL di wilayah Tanah Bumbu dan sekitarnya,” ucap Koordinator Pokja UMKM dan PKL Batfest 2022, Anang Yusanto kepada awak media di Batulicin, Senin (26/12/2022).

BACA : Festival Terbesar Indonesia Timur Hadirkan Ustadz Das’ad Latif, Soneta Hingga Via Vallen

Menurut Anang, para UMKM yang terlibat bergerak di bidang kerajinan tangan, home industry, perajin berlian, herbal Kalimantan, jasa, hingga pengusaha kuliner dari Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Pelaihari, Kotabaru, Kabupaten Martapura, bahkan Kota Banjarmasin.

“Mereka menempati 135 tenda sarana file yang disediakan panitia secara gratis. Setiap stand bisa diisi dua atau tiga PKL dengan tenda seluas 5 x 5 meter, beralas karpet, air bersih, listrik, serta fasilitas kebersihan dari pihak panitia,” tutur General Manager Esha Agro Sentosa (EAS) ini.

BACA JUGA : Jalan Bypass Banjarbaru-Batulicin Digenjot Untuk Dukung IKN

Anang menyebut hingga kini masih banyak pelaku UMKM dan PKL yang mendaftar, “Tentu kami akan memfasilitasi, mereka boleh membuka dagangan di luar area utama.  Sebenarny,a total area lapangan Pantai Jhonlin sekitar 15 hektare, area utama 12,5 hektare, sisanya bisa digunakan para pedagang dan area parkir,” paparnya.

BACA JUGA : Jhonlin Group Bantu 1.400 Nelayan, PKL dan Guru Ngaji Dapat Program BPJS Ketenagakerjaan

Guna mendukung program pemerintah menciptakan cashless society, UMKM dan PKL melayani pembayaran dengan QRIS. “Setelah acara, kami akan meminta laporan omset dari masing-masing UMKM dan PKL untuk mengetahui perputaran uang yang selama Batfest 2022 digelar,” tandas Anang.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.