Ratusan Anak Meriahkan Hari Dongeng dan Menanam Pohon Sedunia di ABP

0

RATUSAN anak turut serta memeriahkan hari Dongeng Nasional dan Hari Menanam Pohon sedunia di Amanah Borneo Park Banjarbaru, Minggu (27/11/2022).

BERTAJUK “Stimulasi Kecerdasan Buah Hati, Melalui Dongeng, Rangsang Otaknya Untuk Menuangkan Dalam Sebuah Lukisan, Dan Bangkitkan Emosional Mereka Melalui Langkah Peduli, Menanam Pohon Untuk Masa Depan” dengan tema Pelestarian Lingkungan.

Direktur Operasional ABP Yulianjar Wati mengatakan, ada sebanyak 230 anak-anak yang mengikuti event ini.  “Luarbiasa antusias para peserta. Diluar target awal kami,” kata Yulianjar.

BACA : Peringati Hari Lingkungan Hidup, Adaro Lepas Fauna Ke Hutan Reklamasi

Anjar sapaan akrabnya menyampaikan kegiatan ini sebagai bentuk perwujudan tagline ABP, bahwa ABP ini sebagai tempatnya wahana rekreasi dan edukasi.

“Sehingga konsep edukasi itu menjadi sesuatu yang penting bagi kami, jadi untuk yang sifatnya event ini, bentuk edukasi yang dipersembahkan oleh ABP,” ungkapnya kepada jejakrekam.com.

Anjar bilang, event-event yang diadakan di ABP selalu berusaha untuk kolaborasi dengan pihak-pihak yang sinergi, satu garis dan satu visi dengan Amanah Borneo Park.

“Dalam hal ini ABP menggandeng pegiat sosial yang konsen terhadap tumbuh kembang pola pikir anak melalui edukasi tematik. Edukasi yang dibawakan melalui cerita dongeng, sulap edukatif, serta fun game sekaligus pemberian gimmick ringan, mudah di pahami, menyenangkan tetapi penuh akan pesan, yang di bawakan oleh bunda Anik dari Intan Kalsel,” tuturnya.

BACA JUGA : Bukan Sekadar Fabel, Ini Para Juara Mendongeng FLS2N 2022 Tingkat SD Se-Banjarmasin

Lebih lanjut Anjar menjelaskan, untuk event melukis, ABP menghadirkan tokoh Kalsel yang berkompeten di bidangnya, Ketua Asosiasi Pelukis Kalimantan Selatan, bapak Anang Muslim.

“Beliau lah yang memberikan tutorial dan cara melukis yang baik dan benar, serta bagaimana cara menuangkan sebuah gagasan, ungkapan hati atau apapun yang ingin di tuangkan dalam sebuah karya seni lukis yang memiliki makna, dan bisa dibaca,” jelasnya..

Adapun tujuan di gelarnya event ini ABP ingin mengedukasi ke masyarakat, yang di mulai dari anak-anak. Bahwa alam ini untuk kita, sehingga kita sendiri yang bertanggung jawab untuk menjaganya.

Yuli juga berpesan ke anak-anak dan ke teman-teman tim ABP, mudah-mudahan ini bisa menjadi agenda rutin tahunan. ABP bisa terus kolaborasi dengan komunitas Pelukis Kalimantan Selatan dan Kampung dongeng.

Sementara itu, salah satu orang tua anak yang ikut berpartisipasi dalam event ini, Ananda mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini sangat baik untuk mengedukasi anak-anak.

“Kegiatan ini sangat baik untuk mengedukasi anak-anak, dan juga memberi pengetahuan mereka bahwa pentingnya untuk menjaga tanaman sekitar, baik itu pohon maupun tumbuhan-tumbuhan kecil, dan juga bisa memperkenalkan kepada anak-anak bahwa permainan-permainan seperti menggambar mewarnai dan juga mendongeng, merupakan hal yang paling baik untuk mereka, selain bisa belajar, mereka juga bisa mendengarkan cerita-cerita yang memang pantas untuk mereka dengarkan,” katanya.

Sementara itu salah seorang orang tua peserta Nita asal Banjarmasin ini mengatakan dengan adanya event ini bisa mengedukasi anaknya agar lebih menjaga alam, dari hal kecil lebih dulu seperti di lingkungan rumah.

“Sangat bagus buat edukasi anak-anak seperti mendongeng dan menggambar bisa mengasah stimulasi anak-anak,” ujarnya ibu dari Aisyah dan Khadijah.

Diakui Nita dirinya sudah sering mengikuti event seperti ini untuk anak-anaknya.  “Menang kalah hal yang biasa yang penting dia belajar untuk menjaga alam,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.