Bertemu Kader Posyandu se Kota Banjarbaru, Walikota Serahkan Bantuan

0

WALIKOTA Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin bertemu kader Posyandu se-Kota Banjarbaru dalam rangka penyerahan bantuan Antropometri Kit, Cadangan Pangan Pemerintah, penyerahan Simbolis Rehabilitasi bangunan Posyandu, serta penandatangan komitmen cegah stunting. Bertempat di Kebun Raya Banua, Selasa (6/2/2024).

DENGAN Posyandu sebagai ujung tombak dalam menyebarkan informasi kesehatan dan melaksanakan tugas pemantauan tumbuh kembang anak-anak, dengan tujuan utama menciptakan masyarakat yang sehat. Tentunya, Posyandu memiliki peran yang krusial dalam menanggulangi permasalahan stunting di Indonesia.

Aditya menyampaikan adanya beberapa permasalahan utama di masyarakat, diantaranya kemiskinan, yang saat ini menjadi fokus utama untuk pemberantasan permasalahan stunting.

BACA : DKP3 Banjarbaru Serahkan Bantuan CPP untuk Kelurahan

“Stunting bukan hanya masalah terkait tumbuh kembang anak yang terhambat, tetapi juga melibatkan permasalahan pola asuh anak, sanitasi lingkungan, asupan gizi, dan berbagai aspek lainnya. Oleh karena saya berharap agar seluruh stakeholder dapat bersinergi dan terus berkolaborasi untuk mengatasi permasalahan ini,” ujarnya.

Di Banjarbaru sendiri berdasarkan data By Name By Adress tahun 2023, tingkat prevalansi stunting berada pada 13,03%. Angka tersebut sudah berada dibawah target nasional yaitu 14%.

Aditya berharap penanganan serta update data stunting dapat terus digalakan khususnya bagi para kader Posyandu. Ia ingin semua penangan terkait stunting dapat cepat dan tepat sasaran, yang melibatkan SKPD terkait.

BACA JUGA : Gunakan Dana Alokasi Khusus 2023, Walikota Banjarbaru Resmikan Bangunan Sekolah di SMPN 5

“Mari kita ciptakan generasi yang unggul, sehat, dan memiliki daya saing melalui pemenuhan tumbuh kembang yang baik,” tutupnya.

Dikesempatan yang sama Pemkot Banjarbaru melalui Dinas terkait serahkan secara simbolis beberapa bantuan untuk Kader Posyandu se-Kota Banjarbaru. Bantuan tersebut antara lain, Antropometeri Kit, bantuan Beras Cadangan Pangan Pemerintah, dan Rehabilitasi Bangunan Posyandu, yang didapatkan dari Insentif dana Fiskal tahun 2023, setelah kota Banjarbaru berhasil menekan Inflasi.

Aditya bersama stakeholder terkait dan Kader Posyandu juga tandatangani komitmen Pencegahan Stunting di Kota Banjarbaru.(jejakrekam)

Penulis Riza/MC Banjarbaru
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.