Tim Penilai TPK2D Kalsel Kunjungi Tanbu

0

TIM Penilai Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengunjungi Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

PENDAMPINGAN Penilaian Peningkatan Kualitas Keluarga di Desa Lokus Binaan TPK2D Tanah Bumbu Tahun 2022. Yaitu di Desa Emil Baru Kecamatan Mantewe, Rabu (9/11/2022).

Tim TPK2D Kalsel dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tanbu, melihat kondisi kualitas keluarga dan indeks ketahanan keluarga di desa. Tujuannya, mengetahui seberapa jauh permasalahan yang ditindaklanjuti TPK2D Tanbu, dengan koordinasi bersama.

BACA JUGA: Sekda Lantik 27 Pejabat Lingkup Pemkab Tanbu

Kepala DP3AP2KB Tanbu, Narni, menyebutkan, Dasar Hukum Pembangunan Ketahanan Keluarga, yakni Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak RI Nomor 6 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Pembangunan Keluarga.

Lalu tentang Tata Cara Peningkatan Kualitas Keluarga diatur dalam dimensi dan Peraturan Gubernur Kalsel Nomor 100 Tahun 2019. “Variabel pengukuran tingkat ketahanan keluarga dinilai 5 dimensi. Yakni Landasan legalitas keutuhan keluarga dan kemitraan. Ketahanan fisik, ketahanan ekonomi. Ketahanan sosial psikologi. Ketahanan sosial budaya. Ke-5 dimensi tersebut diukur melalui 24 indikator,” paparnya.

Edukasi ke warga di Desa Email Baru terkait isi ke-5 dimensi.

Menurutnya, ada 20 SKPD dan organisasi yang terlibat di dalam pembinaan di Desa Emil Baru. “Untuk mencapai ketahanan keluarga di masing-masing dimensi,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kalsel, Adi Santoso memberikan edukasi ke warga di Desa Email Baru terkait isi ke-5 dimensi tersebut. Salah satunya program keluarga adalah kelengkapan surat-surat nikah dan kelengkapan data anak. “Ini adalah program dari beberapa hal yang diterangkan. Semoga kemanfaatannya bisa dirasakan masyarakat,” katanya.

Desa Emil Baru Kecamatan Mentewe, merupakan salah satu desa tertua dan terpencil di kawasan Kabupaten Tanbu yang diharapkan kemajuannya.

BACA JUGA:Pemkab Tanbu Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriyah

Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar diwakili Asisten Administrasi Umum, Andi Aminuddin mengakui, atas nama Pemerintah Daerah menyambut baik kedatangan Tim TPK2D Kalsel di Bumi Bersujud. “Kami berharap adanya kegiatan ini, dapat menjadi terobosan yang bisa didukung bersama-sama. Upaya meningkatkan kualitas serta kesejahteraan keluarga di desa,” tuturnya.

Hadir Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kalsel, Kepala DP3AP2KB Tanbu, Kepala Dinas Sosial Tanbu, Ketua GOW, Tim Evalusi Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah Prov Kalsel, Camat dan Kepala Desa Emil Baru Kecamatan Mantewe, serta tamu undangan.(jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.