Pemkot Banjarbaru Sulap Semak Belukar Jadi RTH Bernama Panglima Batur

0

MEMPERCANTIK tata ruang menjadi salah satu program pembangunan Pemerintah Kota Banjarbaru yang direalisasikan oleh Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin.

SELAIN menghadirkan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) pertama di Banjarbaru atau tepatnya di Jalan A Yani KM 34, Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Banjarbaru saat ini tengah menggarap sebuah ruang terbuka hijau (RTH) yang diberi nama “Taman Panglima Batur”.

Berlokasi di dekat Bundaran Toga (STM) Jalan Panglima Batur ujung, taman yang dulunya tak terawat dan banyak  semak belukar berhasil disulap Pemko Banjarbaru menjadi taman yang strategis di Jantung Ibukota Provinsi Kalsel.

BACA : Ditarget Selesai 2023, Dinas PUPR Banjarbaru Rancang Pembangunan Dua JPO

Kepala Bidang Sarana Dan Utilitas Disperkim Kota Banjarbaru, Anwari Delmi membenarkan soal proyek taman Panglima Batur tersebut. Konsep yang dibangun adalah taman ramah anak dan disabilitas.

“Konsepnya memang untuk taman ramah anak dan disabilitas. Jadi orientasi fasilitasnya beracuan pada konsep ramah anak dan disabilitas,” kata pria yang kerap disapa Avix ini baru-baru ini.

Disinggung soal status lahan tersebut. Avix pastikan jika sudah menjadi aset Pemko meskipun sebelumnya memang sempat jadi hak milik swasta.

Untuk anggaran pembuatan taman ini, Avix bilang jika saat ini pihaknya masih terbatas anggran, yang mana anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 198 juta.

“Untuk saat ini kita bangun tamannya dulu, karena anggarannya terbatas. Jadi untuk fasilitas penunjang konsep ramah anaknya akan bertahap selanjutnya,” akunya.

BACA JUGA :  Lobi Kemenhub di Jakarta, Walikota Banjarbaru Beber Program Bus Sekolah hingga JPO

Ternyata, menurut Avix, proses pengerjaan taman tersebut sudah mulai digarap sejak satu bulan terakhir. Yang mana taman ini ditarget bisa rampung pada November 2022 mendatang.

“Insyaallah November 2022 sudah rampung. Yang jelas sekarang terus berprogres. Kita juga ingin agar di kawasan sana bisa tertata dan rapi. Salah satunya dibuatnya taman ini,” bebernya.

Masih kata Avix, kedepan lahan-lahan milik Pemko yang ada disetiap sudut akan dibangun taman untuk menghilangkan kesan kumuh.

Konsep taman ini juga digadang-gadang ramah bagi penyandang disabilitas. Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin menyampaikan bahwa progres pengerjaan Taman Panglima Batur ini sudah mencapai 85 persen.

“Insya Allah, tahun baru 2023 warga masyarakat Banjarbaru sudah bisa menikmati Taman Panglima Batur ini,” ringkas Aditya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.