HKN Ke-58, Momentun Mendekatkan Layanan Kesehatan Ke Masyarakat

0

SETIAP tahunnya Hari Kesehatan Nasional diperingati pada tanggal 12 November. Tahun ini, peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Kementerian Kesehatan dan beberapa dinas kesehatan daerah merayakan dan dengan upacara dan melakukan beberapa kegiatan.

SEPERTI yang dilakukan Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan, melaksanakan upacara HKN ke-58 secara sederhana yang diikuti seluruh ASN Dinas Kesehatan, Sabtu (12/11/2022) di halaman kantor Dinas Kesehatan di jalan Belitung, Kota Banjarmasin.

Tema HKN tahun ini ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’, mengingatkan pandemi covid-19 yang mempengaruhi semua sistim baru saja dilalui. “Bukan saja kesehatan, tapi juga sektor ekonomi dan lain-lain,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Diauddin dengan awak media.

BACA: Paman Birin Minta Dinkes Pantau Nakes di Daerah Tertinggal

“Jadi tema itu hubungannya sangat erat sekali dengan pandemi covid-19 yang sudah kita lewati bersama, ini tentu dengan berkat perjuangan tenaga kesehatan, tokoh ulama, tokoh masyarakat, dan TNI/Polri, untuk sama-sama bangkit kembali untuk menyehatkan negeri kita setelah terkena covid-19 kemarin,” ungkap Mantan Kadiskes Kabupaten Banjar ini.

Masih menurut Diauddin, HKN ke-58 menjadi peluang dalam mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih prima, lebih luas jangkauannya dan juga lebih cepat dalam memberikan layanan masyarakat.

“Bahkan dalam sambutan Menkes yang saya bacakan tadi, dalam memberikan layanan masyarakat itu, dilakukan melalui transformasi kesehatan dengan 6 pilar. Antara lain transformasi layanan kesehatan primer, transformasi layanan rujukan, tansformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan,” bebernya.

“Jadi apa yang disampaikan Kemenkes , bisa jadi pedoman bagi kita insan kesehatan di Kalimantan Selatan pada khususnya untuk bisa lakukan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.