Lestarikan Nilai Kebangsaan Dari Lomba Mewarnai Sumpah Pemuda

0

MEMPERINGATI dan menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Elka Project bekerjasama dengan Hypermart 402, menggelar event lomba mewarnai bagi anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan siswa jenjang pendidikan Taman Kanak – Kanak (TK)/ Raudhatul Athfal (RA), serta Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kalsel, akhir pekan lalu.

MANAGER Project EO Lomba Mewarnai Ichal iloenx menuturkan, perbedaan sikap primordial, suku, agama serta berbagai kepentingan menjadi faktor penguat dan bukan faktor yang melemahkan. Sejalan dengan tema Sumpah Pemuda ke-94, yaitu ‘Bersatu Bangun Bangsa’.

“Makanya salah satu materi sketsa gambar yang diwarnai adalah gambar anak-anak dengan memakai pakaian adat berbagai suku di Indonesia,” lanjut Ichal.

Lomba mewarnai ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas serta minat dan bakat dalam diri siswa. Ichal iloenx, lebih lanjut mengungkapkan lomba ini dilaksanakan sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda sejak usia dini.

BACA: Pelajar TK/SD Kabupaten Banjar Dominasi Kejuaraan Lomba Mewarnai HUT TNI ke-77

“Kita ingin anak-anak memaknai peringatan Sumpah Pemuda dengan cara mereka, yakni dengan kegembiraan dan berkreasi, karena itulah dunia mereka. Mereka dituntut untuk mengasah kreatifitas semaksimal mungkin dengan tidak mengesampingkan penghayatan akan nilai-nilai kebangsaan,” tutur Ichal.

Peserta dibagi dalam tiga kategori. Kategori A (PAUD/TK/RA), B (SD/MI kelas 1-3) dan C (SD/MI kelas 4-6). Kegiatan lomba mewarnai mendapatkan respon positif dari warga. Selain dari Banjarmasin sebagai tuan rumah, peserta juga berdatangan dari berbagai dari kabupaten/kota yang ada di Kalsel, seperti Gambut dan Martapura (Kabupaten Banjar), Landasan Ulin (Kota Banjarbaru), Bati-Bati (Kabupaten Tanah Laut), Handil Bakti (Kabupaten Barito Kuala) dan sekitarnya.

Setelah dilakukan seleksi 18 peserta dipilih menjadi yang terbaik dari seluruh peserta yang telah berlaga selama dua jam. Adapun para pemenang mendapatkan hadiah berupa piala, piagam dan bingkisan hadiah lainnya.

“Mewarnai sejak dini membuat anak mulai kreatif dan mengembangkan kemampuan motorik anak. Tak hanya meningkatkan kemampuan motorik anak, kegiatan mewarnai juga dapat membantu anak mengenali garis, perspektif, warna dan bentuk,” ujar salah satu juri dari Hypermart 402 Andi Muhammad Nadif.

BACA JUGA: Tanamkan Nilai Kebangsaan Melalui Lomba Mewarna di Hari Kesaktian Pancasila

Untuk lomba kategori A Juara 1 diraih Maryam Elfina Atiya (TK Madinaturramlah, Meranti, Kayutangi, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin), Juara 2 Almira Saraswati (TK Kemala Bhayangkari 04, Gunung Sari, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin), Juara 3 Nailur Rahma (TK Harapan Ibu Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin), Harapan 1 Nahda Syafiqa (TK Al Mushallun), Harapan 2 Vanessa Lidya Darmawan (TK Mitra Kasih, Citraland, Kabupaten Banjar) dan Harapan 3 Muhammad Fadhil Al Farisy.

Di Kategori B Juara 1 Khumairoh Azzahra (SDN Kuin Cerucuk 1 Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin), Juara 2 Chelsea Aqila Naila (SDN 1 Landasan Ulin, Kota Banjarbaru), Juara 3 Jihan Rezkia (SDN Semangat Dalam 2, Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala), Harapan 1 Dzakira (SDN Liang Anggang 2 Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut), Harapan 2 M. Rizky Abizar (MIM Al Furqon Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin) dan Harapan 3 Muhammad Zakir El Kautsar (MDIM Kindaung Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin).

Sementara di Kategori C Juara 1 Zaida Nor Rahmah (SDN Pemurus Luar 1, Kota Banjarmasin), Juara 2 Ruqayah Kamilah (SDIT Nurul Fikri, Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin), Juara 3 Raisya Nur Fajrina (SDN Pemurus Luar 1, Kota Banjarmasin), Harapan 1 Kayla Azzahra (MI Al Hamid, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin), Harapan 2 Regina Alhazima Sajliani (SDN Sungai Tabuk Keramat 1, Kabupaten Banjar) dan Harapan 3 Aiyra Syafalinna (SDN Pelambuan 4 Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin).

Seluruh rangkaian kegiatan ini didukung oleh Distributor Resmi AFC Dais Melinda, Percetakan dan Sablon iloenx enterprise, Sanggar Senam Green Yasmine Handil Bakti.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.