Pelajar TK/SD Kabupaten Banjar Dominasi Kejuaraan Lomba Mewarnai HUT TNI ke-77

0

MEMPERINGATI dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-77, Elka Project bekerjasama dengan DPD Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Kalimantan Selatan menggelar even lomba mewarnai bagi anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan siswa jenjang pendidikan Taman Kanak – Kanak (TK)/ Raudhatul Athfal (RA) serta Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kalsel, akhir pekan lalu di teras Lotte Grosir, Jalan A Yani Pal 4 Banjarmasin Timur.

MANAGER Project EO Lomba Mewarnai Ichal iloenx menuturkan, tema yang diambil dalam HUT ke-77 TNI kali ini yaitu ‘TNI Adalah Kita’. “TNI lahir dari masyarakat, akan tumbuh dan berkelanjutan dengan masyarakat pula. Kegiatan lomba mewarnai ini adalah rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT TNI,” ucapnya.

Selain itu juga, lomba ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas serta minat dan bakat dalam diri siswa. Ichal iloenx, lebih lanjut mengungkapkan lomba ini dilaksanakan sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda sejak usia dini.

BACA: Tempuh Jarak 15 Km, 2.500 Pesepeda Meriahkan Fun Bike HUT TNI Gelaran Rindam VI Mulawarman

“Kita ingin anak-anak memaknai peringatan HUT TNI dengan cara mereka, yakni dengan kegembiraan dan berkreasi, karena itulah dunia mereka. Mereka dituntut untuk mengasah kreatifitas semaksimal mungkin dengan tidak mengesampingkan penghayatan akan nilai-nilai kebangsaan,” tutur Ichal.

Ketua DPD Perwira Kalsel Wahidah juga menyambut baik dan mengapresiasi lomba mewarnai ini. “Ada berbagai acara dalam rangkaian kegiatan kali ini. Selain Lomba Mewarnai, juga ada demo masak Brownies dan Churros, Lomba MC serta Lomba Fashion Show bertema Loreng Army,” tutur perempuan yang akrab disapa Bu Ony ini.

Seluruh peserta, khususnya lomba mewarnai sangat antusias dengan adanya pelaksanaan lomba ini, hanya tiga hari dibuka pendaftaran, para 60 kontestan dari berbagai sekolah di Kalimantan Selatan langsung menyatakan diri sebagai peserta.

Peserta dibagi dalam tiga kategori. Kategori A (PAUD/TK/RA), B (SD/MI kelas 1-3) dan C (SD/MI kelas 4-6). Kegiatan lomba mewarnai mendapatkan respon positif dari warga. Selain dari Banjarmasin sebagai tuan rumah, peserta juga berdatangan dari berbagai dari kabupaten/kota yang ada di Kalsel, seperti Gambut dan Martapura (Kabupaten Banjar), Landasan Ulin (Kota Banjarbaru), Handil Bakti (Kabupaten Barito Kuala) dan sekitarnya.

BACA JUGA: HUT TNI ke-77, Gubernur Kalsel Sebut Sinergitas Pemda dan TNI Terjalin Baik 

Setelah dilakukan seleksi oleh para dewan juri, akhirnya terpilih 18 terbaik dari seluruh peserta yang telah berlaga selama dua jam. Adapun para pemenang mendapatkan hadiah berupa piala, piagam dan bingkisan hadiah lainnya.

Dalam melakukan penilaian lomba mewarnai, Dewan Juri memiliki kriteria tersendiri dalam menentukan hasil karya terbaik seperti komposisi mewarna, kerapian, kebersihan, imajinasi dan kreativitas.

“Mewarnai sejak dini membuat anak mulai kreatif dan mengembangkan kemampuan motorik anak. Tak hanya meningkatkan kemampuan motorik anak, kegiatan mewarnai juga dapat membantu anak mengenali garis, perspektif, warna dan bentuk,” ujar salah satu juri dari DPD Perwira Kalsel.

Untuk lomba kategori A Juara 1 diraih Rabiatul Zahrah (TK PAUD As-Shabirin Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala), Juara 2 Annasya Adreena Saila (TK PAUD As-Shabirin Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala), Juara 3 Gusti Aina Zhiadatusshalihah (PAUD Terpadu Adzkia Martapura, Kabupaten Banjar), Harapan 1 Nazza (PAUD Terpadu Adzkia Martapura, Kabupaten Banjar), Harapan 2 Almira Saraswati (TK Kemala Bhayangkari 04 Kota Banjarmasin) dan Harapan 3 Naifa Azkadina Salsabila (TK Tunas Mulia Paal 7 Mahligai, Kabupaten Banjar).

Di Kategori B Juara 1 Khumairoh Azzahra (SDN Kuin Cerucuk 1 Banjarmasin Barat), Juara 2 Abitha Yuri Aqilla (SDN Indrasari 1 Martapura), Juara 3 Almira Aisya Puteri (SDN SN Karang Mekar 1 Banjarmasin Timur), Harapan 1 Syifa Alesha (SDN Pengambangan 5 Banjarmasin Timur), Harapan 2 Alice Rania Putri Rosita (SDN SN Karang Mekar 1 Banjarmasin Timur) dan Harapan 3 Novia Aryanti (SDN Gambut 2 Kabupaten Banjar).

BACA LAGI: Tanamkan Nilai Kebangsaan Melalui Lomba Mewarna di Hari Kesaktian Pancasila

Sementara di Kategori C Juara 1 Raisya Nur Fajrina (SDN Pemurus Luar 1 Banjarmasin), Juara 2 Regina Alhazima Sajliani (SDN Sungai Tabuk Keramat 1 Kabupaten Banjar), Juara 3 Farah Dona Shaula (SDN Tanjung Rema Darat Martapura, Kabupaten Banjar), Harapan 1 Nazma Ulhusna (SDN 1 Mentaos, Kota Banjarbaru), Harapan 2 Noor Syifa (SDN Pemurus Dalam 4 Banjarmasin) dan Harapan 3 Radiya Azzahra (SDN Pemurus Dalam 1 Banjarmasin).

Seluruh rangkaian kegiatan ini adalah untuk meramaikan Bazaar UMKM yang dibesut oleh DPD Perwira Kalsel bekerjasama dengan Pemerintah Kota Banjarmasin Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja, didukung oleh Distributor Resmi AFC Dais Melinda, Berkah Gambut/Kacang Abunawas dan Sanggar Senam Green Yasmine.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.