Tanamkan Nilai Kebangsaan Melalui Lomba Mewarna di Hari Kesaktian Pancasila

0

DALAM rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila (Hapsak) ke-57, pada 1 Oktober 2022, Elka Project bekerjasama dengan Hypermart 402 Kertak Hanyar menggelar event lomba mewarnai bagi anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan siswa jenjang pendidikan Taman Kanak – Kanak (TK)/ Raudhatul Athfal (RA) serta Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kalsel, Ahad (2/10/2022).

KEGIATAN lomba mewarnai ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas serta minat dan bakat dalam diri siswa. Ichal iloenx, Manager Project mengungkapkan lomba ini dilaksanakan sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda sejak usia dini.

“Kita ingin anak-anak memaknai peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan cara mereka, yakni dengan kegembiraan dan berkreasi, karena itulah dunia mereka. Mereka dituntut untuk mengasah kreatifitas semaksimal mungkin dengan tidak mengesampingkan penghayatan akan nilai-nilai kebangsaan,” tutur Ichal.

“Di sela-sela usai lomba, kita juga meminta kepada para peserta untuk menghafal sila-sila Pancasila, bagi peserta yang hafal kita berikan hadiah,” tambah Ichal.

Seluruh peserta sangat antusias dengan adanya pelaksanaan lomba ini, hanya tiga hari dibuka pendaftaran, para 41 kontestan dari berbagai sekolah di Kalimantan Selatan langsung menyatakan diri sebagai peserta.

Peserta dibagi dalam tiga kategori. Kategori A (PAUD/TK/RA), B (SD/MI kelas 1-3) dan C (SD/MI kelas 4-6). Kegiatan lomba mewarnai mendapatkan respon positif dari warga. Selain dari Banjarmasin sebagai tuan rumah, peserta juga berdatangan dari berbagai dari kabupaten/kota yang ada di Kalsel, seperti Martapura (Kabupaten Banjar), Landasan Ulin (Kota Banjarbaru), Handil Bakti dan Pulau Sewangi (Kabupaten Barito Kuala) dan sekitarnya.

Setelah dilakukan seleksi oleh para dewan juri, akhirnya terpilih 18 terbaik dari seluruh peserta yang telah berlaga selama dua jam. Adapun para pemenang memdapatkan hadiah berupa Piala, Piagam dan uang pembinaan dan hadiah lainnya.

Dalam melakukan penilaian lomba mewarnai, Dewan Juri memiliki kriteria tersendiri dalam menentukan hasil karya terbaik seperti komposisi mewarna, kerapian, kebersihan, imajinasi dan kreativitas.

“Mewarnai sejak dini membuat anak mulai kreatif dan mengembangkan kemampuan motorik anak. Tak hanya meningkatkan kemampuan motorik anak, kegiatan mewarnai juga dapat membantu anak mengenali garis, perspektif, warna dan bentuk.” ujar salah satu juri dari pihak Hypermart 402.

Untuk lomba kategori A Juara 1 diraih Chayra Fayyola Nadhifa (TK Islam Nurul Ibadah), Juara 2 Rabiatul Zahrah (TK PAUD As-Shabirin Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala), Juara 3 Nailur Rahma (TK Harapan Ibu Banjarmasin Timur), Harapan 1 Salima Azka Fitria (TK Nurul Hidayah Banjarmasin), Harapan 2 Maryam Elfina Atiya (TK Madinaturramlah Banjarmasin Utara) dan Harapan 3 Annasya Adreena Saila (TK PAUD As-Shabirin Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala).

Dikategori B Juara 1 Mutia Nor Rahimah (SDN Pemurus Dalam 6 Banjarmasin), Juara 2 M. Rizky Abizar (MIM 3 Al-Furqon Banjarmasin), Juara 3 Syifa Alesha (SDN Pengambangan 5 Banjarmasin Timur), Harapan 1 Faeyza Narendra Alvaro (SDN SN Karang Mekar 1 Banjarmasin Timur), Harapan 2 Malika Alya Zinan (SDN SN Karang Mekar 1 Banjarmasin Timur) dan Harapan 3 Dara Yasmin Khomairoh (SDN Antasan Kecil Timur 3 Banjarmasin Utara).

Sementara di kategori C Juara 1 Nafisha Kanza Azzahrah (SDN Karang Mekar 5 Banjarmasin Timur), Juara 2 Raisya Nur Fajrina (SDN Pemurus Luar 1 Banjarmasin), Juara 3 Giva Afiya (SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin), Harapan 1 Birma Nur Fatah (SDN Pengambangan 5 Banjarmasin Timur), Harapan 2 Muhammad Furqon Anugerah (SDN SN Karang Mekar 1 Banjarmasin Timur) dan Harapan 3 Noor Syifa, SDN Pemurus Dalam 4 Banjarmasin.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/04/tanamkan-nilai-kebangsaan-melalui-lomba-mewarna-di-hari-kesaktian-pancasila/
Penulis Sirajudin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.