Membanggakan, Tim Fakultas Kedokteran ULM Juarai Olimpiade Anatomi Nasional Amygdala 2022

0

TIM Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM), meraih gelar juara dalam Olimpiade Anatomi Nasional Amygdala Tahun 2022, yang diselenggarakan di Malang, Jawa Timur.

DEKAN Fakultas Kedokteran ULM Iwan Aflanie menyebut, dua dari tiga tim FK ULM yakni Tim C yang digawangi Gastin Gabriel Jangkang dan Aghnia Nabila Ananda berhasil menjadi juara 1. Sementara itu, Tim A yang digawangi Hernaldi Reiki dan Davin Anggara menyabet juara 2.

“Tak hanya menjadi juara, mahasiswa program studi kedokteran ULM juga mendominasi ajang Amygdala yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Tahun 2022 ini,” ujar Iwan Aflanie kepada jejakrekam.com, Selasa (1/11/2022).

“Dari lima tim yang bersaing di babak final Amygdala dengan tema otak dan pancaindra ini, tiga diantaranya merupakan tim dari FK ULM,” sambungnya.

BACA: Puncak Dies Natalis ULM Ke-64, Fakultas Kedokteran Raih 4 Prestasi

Sedangkan dua tim lainnya yang bisa menembus babak final berasal dari FK Universitas Indonesia (UI) dan FK Universitas Gadjah Mada (UGM).

Mereka harus mengakui keunggulan Tim FK ULM, dimana Gastin dan Aghnia dalam Tim C FK ULM sebagai juara 1 olimpiade anatomi, mengemas perolehan nilai total 4.225 poin. Sedangkan poin paling banyak disumbang dari kategori jeoparty yakni 3.400 poin, territory capture 625 poin dan kategori bonus territory capture 200 poin.

Dekan FK ULM pun mengapresiasi, sebab prestasi tersebut merupakan kebanggaan khususnya bagi FK ULM dan ULM secara umum. “Ini adalah pencapaian luar biasa, buah dari kerja keras kemudian kerja cerdas dan kerja ikhlas dari para mahasiswa, dosen pembimbing, para pembina,” bebernya.

Yang tak kalah hebatnya tambah Iwan, menjadi juara dalam ajang sekelas Amygdala tentu tidak mudah, pasalnya olimpiade anatomi murni ini diikuti oleh 72 tim dari 30 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Sehingga, pencapaian tersebut bukan merupakan hasil kerja keras satu malam, namun merupakan akumulasi dari proses dan sistem pembinaan yang terstruktur serta sistematis.

BACA JUGA: Cetak 1.978 Dokter, Fakultas Kedokteran ULM Luluskan 3 Dokter Spesialis Penyakit Dalam Terbaik

FK ULM memiliki unit khusus dalam melakukan pembinaan prestasi mahasiswa, diberi nama Arbor Vitae yang mewadahi dan mengembangkan potensi serta bakat-bakat para mahasiswa untuk dipersiapkan bersaing dalam kompetisi akademik baik level lokal, nasional maupun internasional.

Bagi para juara, Dekan FK ULM ini menyampaikan terimakasih dan apresiasinya karena telah membawa harum nama FK ULM dan berharap mereka terus memberikan yang terbaik bagi Fakultas Kedokteran dan ULM. “Saya berharap, para juara ini bisa berkontribusi juga dalam proses kaderisasi kepada para juniornya,” ujarnya.

Dengan meraih prestasi tersebut, dimana peraih Juara 1 dalam Amygdala Tahun 2022 yakni Gastin dan Aghnia diundang menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Forum Perhimpunan Ahli Anatomi Indonesia (PAAI), Kamis (3/11/2022).

“Mahasiswa dan mahasiswi FK ULM bakal menjadi pembicara di forum nasional tentang anatomi bersama para ahli dan dosen-dosen lainnya tentu sesuatu yang membanggakan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.