Golkar HSU Masih Tangguh 2024, Pengamat: H Jani Bisa Melangkah Mulus

0

KEDIGDAYAAN Partai Golkar di Kalimantan Selatan diyakini masih akan tangguh, terlebih di daerah-daerah yang selama ini menjadi basis Golkar seperti HSU dan Batola.

KEBERTAHANAN Golkar menguasai kursi legislatif 2024 juga dinilai bakal memuluskan Golkar mengantarkan kadernya memenangi di kontestasi pilkada seperti Batola dan HSU yang digelar 27 November 2024 mendatang.

“Golkar masih akan digdaya, terlebih di daerah yang selama ini menjadi basisnya seperti HSU dan Batola. Keadaan itu akan menguatkan dan memuluskan kader Golkar mengamankan tiket pilkada yang digelar setelah pileg,” ujar Kadarisman, pemerhati politik Banua, Sabtu (29/10/2022).

BACA: Terpilih Pimpin Golkar HSU Gantikan Wahid, Sahrujani Usung Misi Pulihkan Simpati Pemilih

Menurutnya peluang kader Golkar memimpin pemerintahan di daerah di Batola dan HSU sangat terbuka lebar. Untuk Batola petahana yang kader Golkar masih potensi maju kembali karena baru satu periode, sementara HSU tanpa petahana. Namun demikian, di HSU figur yang menguat justru bukan dari bagian dari petahana tapi pada Ketua Golkarnya.

“Di HSU figur yang pernah menjadi bagian petahana, misalnya Husairi Abdi, tidak begitu mengemuka. Justru figur kuatnya datang dari kontestan baru, H Sahrujani,” beber Kadarisman.

Jebolan Magister Administrasi Publik ULM ini mengatakan berdasarkan big data yang pihaknya pernah ambil di beberapa daerah di Kalsel dan Kalteng, termasuk HSU menampilkan beberapa nama, yakni H Sahrujani selain nama lainnya yang menempel di bawahnya, seperti Hormansyah.

Menurut Kadarisman, hal sederhana yang dapat dilihat figur siapa yang potensial untuk maju dan memenangi pilkada di 2024 dapat dilihat dari bagaimana suara arus bawah beresonansi.

“Resonansi suara arus bawah itu kan dapat dilihat sebenarnya. Maka figur-figur yang dimention oleh rakyatnya, maka tidak akan jauh dari sana. Opini publik itu cerminan bagi elit parpol mengambil keputusan,” jelas Kadarisman.

BACA JUGA: Gantikan Abdul Wahid, Tugas Berat Menanti Sahrujani sebagai Plt Ketua Golkar HSU

Dia mencontohkan bagaimana suara arus bawah terhadap Anies, Ganjar dan Prabowo yang berkelindan dan semakin menguat setiap hari. Dan hasil survei politik pun selalu menempatkan 3 nama tersebut di elektabilitas tertinggi untuk capres 2024.

Selain Golar masih eksis, Kadarisman juga mengatakan Partai Nasdem akan bertumbuh dan naik pada pemilu 2024. Nasdem bisa menembus papan atas dalam perolehan karena coattail effect Anis Baswedan.

“Anies Baswedan suka atau tidak suka akan memberi dampak kepada Nasdem, jika Anies berhasil mendapatkan tiket capres melalui koalisi dengan PKS dan Demokrat,” jelas pengajar ilmu politik tersebut.(jejakrekam)

Penulis Herry

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.