5 Hari Berjuang di Kejurnas Barongsai 2022 Yogyakarta, Atlet Kalsel Bisa Rebut Medali Perunggu

0

KONTINGEN Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kalimantan Selatan mampu berbicara di kancah nasional. Ini setelah, atlet Barongsai Banua bisa merebut titel prestasi.

DARI 7 kategori Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Barongsai 2022 yang berlangsung di Sleman City Hall, Sleman, DI Yogyakarta pada 5-9 Oktober 2022, dua penghargaan direbut Kalsel. Kejurnas Barongsai 2022 ini digelar FOBI Pusat untuk memperebutkan piala Raja dan Kepala Staf TNI AD (KASAD) diikuti sedikitnya 15 utusan provinsi se-Indonesia.

Atlet Pengprov FOBI Kalsel pun mengikuti tiga kategori. Yakni, kategori Barongsai tradisional, Barongsai kecepatan, Barongsai pekingsai tonggak bebas (taulo wajib).

“Kami bersyukur, usai perjuangan selama lima hari dalam Kejurnas FOBI Pusat di Yogyakarta, kontingen Kalsel bisa membuahkan hasil,” ucap Ketua Harian Pengprov FOBI Kalsel, Awang Sumargo kepada jejakrekam.com, Senin (10/10/2022).

BACA : Simbol Tolak Bala, Atraksi Barongsai Disuguhkan di Pangeran Samudera

Untuk kategori barongsai pekingsai tonggak bebas (taulo bebas), dari 13 Pengprov FOBI, Kalsel berada di urutan ketiga. Usai mendapat nilai 8,93, membayangi DKI Jakarta (9,32 poin) sebagai juara I dan Sulawesi Selatan (8,98 poin).

“Kontingen FOBI Kalsel merebut medali perak dalam kategori tonggak bebas (taolu bebas). Sedangkan, dalam kategori tradisional meraih juara harapan I,” ucap Awang Sumargo.

BACA JUGA : Bandingkan PON Aceh-Sumut 2024, Pelatih Dayung Protes Tak Masuk Cabor Porprov Kalsel 2022

Untuk kategori tradisional, posisi juara I direbut Jawa Barat, disusul runner Sumatera Selatan, DI Yogyakarta sebagai juara III dan juara harapan I, direbut Kalsel. Kemudian, kategori taulo wajib meraih juga merebut titel juara harapan I.

BACA JUGA : KONI Tetapkan 42 Cabor Dipertandingkan di Porprov XI Kalsel 2022 di HSS

“Kami mohon dukungan masyarakat Kalsel, agar kontingen FOBI Kalsel bisa lolos di Pra-PON 2023 nanti, sehingga bisa berlaga nanti di even PON Sumatera Utara pada 2024 mendatang,” ucap Awang.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/10/5-hari-berjuang-di-kejurnas-barongsai-2022-yogyakarta-atlet-kalsel-bisa-rebut-medali-perunggu/
Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.