Unggul Di Lomba Motif Sasirangan, Motif Sasirangan Karya Kantan Jadi Pakaian Resmi Hari Jadi Banjarmasin Tahun Depan

0

PERINGATAN hari jadi Kota Banjarmasin ke 497 tahun 2023 mendatang, motif kain Sasirangan karya Kantan Sasirangan akan mendapat kehormatan menjadi pakaian resmi para ASN Lingkup Pemkot Banjarmasin.

HAL tersebut disampaikan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menyampaikan sambutannya, Jumat (30/9/2022) pukul 21.00 WITA. “Sesuai dengan kesepakatan kita, yang menjadi juara pertama akan diambil oleh pemerintah kota menjadi seragam hari jadi Kota Banjarmasin dan event-event lain yang ada di Pemerintah Kota Banjarmasin,” ujarnya.

Kain sasirangan dengan menggunakan zat pewarna alam tersebut, dinyatakan juara 1 dalam lomba motif sasirangan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Banjarmasin ke 496 tahun 2022.

BACA: Puluhan Pelaku UMKM Ikuti Festival Sasirangan di Balai Kota Banjarmasin   

H Ibnu Sina merasa bangga dan mengapresiasi atas maha karya yang telah diciptakan para pengrajin kain sasirangan Kota Banjarmasin.

“Lomba motif sasirangan tahun ini mengambil tema dari ukiran di Rumah Banjar. Luar biasa ukiran-ukiran yang ada di rumah adat Banjar ini, motif yang dipilih untuk dijadikan motif sasirangan diambil dari plang ataupun juga ukiran-ukiran lain yang ada di bangunan Banjar, kemudian dituangkan ke sehelai kain. Dan jadilah mahakarya yang luar biasa untuk kita banggakan bersama-sama,” ucapnya lagi.

Pemenang ke dua, lomba yang telah menjadi event tahunan milik Pemkot Banjarmasin ini jatuh pada pengrajin sasirangan premium Nazwa, dan untuk juara ketiga pengrajin sasirangan yang beruntung adalah Nagabin.

“Saya melihat, kain yang berwarna alam ataupun juga pewarna biasa bagus-bagus semua. Saya yakin dan percaya dewan juri pasti kesulitan untuk menentukan siapa yang harus menjadi juara karena motifnya bagus bagus. Tapi kita konsisten,” katanya.

H Ibnu Sina berharap, kain sasirangan yang merupakan kain peninggalan raja-raja Banjar ini bisa dijaga dan dirawat kelestariannya. Terlebih, jelasnya, Presiden RI, Joko Widodo pun telah mengeluarkan imbauan agar seluruh masyarakat Indonesia harus bangga dengan buatan dan karya bangsa sendiri.

Harapan lain yang disampaikannya dalam kegiatan yang dihadiri Ketua Dekranasda Kota Bnajarmasin Hj Siti Wasilah itu, agar dengan semakin populernya kain sasirangan akan menunmbuhkan ekonomi masyarakat, khususnya dibidang ekonomi kreatif.

“Semoga kegiatan malam ini akan melahirkan juara-juara baru yang akan menjadi duta-duta kain sasirangan, dan akan diberikan kesempatan untuk mengikuti lomba pada tingkat nasional yaitu di ajang Putra Putri Batik Indonesia,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis ph-setdabjm
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.