Teman Sebaya Anti Narkoba, Ciptakan Hubungan Pertemanan Adaptif Menolak Penyalahgunaan Narkoba

0

UPAYAKAN pencegahan dan pemberdayaan remaja dalam menangkal bahaya Narkoba, BNN Kota Banjarbaru melaksanakan kegiatan pembentukan remaja Teman Sebaya Anti Narkoba melalui Dialog Interaktif Remaja.

SAAT ini kurang lebih 10 remaja SLTP dan SLTA dari 3 kelurahan BERSINAR di Banjarbaru terpilih menjadi bagian dari program Teman Sebaya Anti Narkoba.

“Ada 10 orang anak SMP dan SMA yang kami kumpulkan dan kami latih. Ketika mereka kembali ke sekolah, mereka menjadi perpanjangan tangan kami untuk menyosialisasikan perlawanan terhadap narkoba,” ungkap Rina Wartini, Sub Koordinator Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Banjarbaru.

BACA: Berstatus Rawan, Tiga Kelurahan di Banjarbaru Ditetapkan Menjadi Kawasan Bersinar

Rina Wartini mengatakan, tujuan adanya program ini dapat menjadi relawan sekaligus influencer dalam mempengaruhi rekan sebaya lainnya untuk menggelorakan kampanye war on drugs menuju generasi Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba).

“Sudah banyak kegiatan yang mereka lakukan, seperti lomba film pendek dan poster anti narkoba, mereka terus menyuarakan gerakan anti narkoba kepada teman sebaya mereka, baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga,” katanya, Senin (26/9/2022).

Dalam kegiatan Teman Sebaya ini, Rina katakan dapat memberikan pemahaman serta mengembangkan kemampuan yang aplikatif kepada remaja dalam menciptakan hubungan pertemanan yang adaptif dalam menolak penyalahgunaan narkoba.

“Dengan diadakan kegiatan ini generasi milenial di Kota Banjarbaru memiliki pemahaman yang komprehensif dan memiliki kemampuan ketahanan diri terhadap penyalahgunaan narkoba khususnya di kalangan remaja dan teman sebayanya,” jelasnya.

Untuk diketahui, program teman sebaya ini dilakukan setiap 5 kali dalam setahun. Dan segala informasi perihal program-program yang dijalankan oleh BNNK Banjarbaru, dapat mengakses instagram @infobnn_kota_banjarbaru maupun banjarbarukota.bnn.go.id.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/09/29/teman-sebaya-anti-narkoba-ciptakan-hubungan-pertemanan-adaptif-menolak-penyalahgunaan-narkoba/
Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.