Harap Berkah Sultan Suriansyah, Walikota Ibnu Sina dan Rombongan Ziarah ke Makam Raja Banjar Pertama

0

TRADISI ziarah ke makam Raja Banjar pertama, Sultan Suriansyah dilakoni Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bersama Wakil Walikota Arifin Noor bersama jajaran dan pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin.

MENGENAKAN busana adat Banjar berwarna abu-abu dengan laung merah dalam balutan baju taluk balanga putih, Walikota Ibnu Sina didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah menabur bunga rampai ke makam Sang Sultan serta pusaran para bangsawan pendiri Banjarmasin, Senin (26/9/2022).

Pembacaan doa tahlil dan doa selamat pun dipanjatkan oleh tokoh agama setempat di Komplek Makam Sultan Suriansyah, Jalan Kuin Utara, didampingi para anggota DPRD Banjarmasin mengenakan baju adat Banjar warna biru muda.

BACA : Berkah Spirit Sultan Suriansyah, BLF dan Forkot Banjarmasin Gugat UU Provinsi Kalsel ke MK

“Alhamdulillah, hari ini, tradisi ziarah ke makam Sultan Suriansyah yang merupakan Raja Banjar pertama bisa terlaksana dengan lancar. Ini semua dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-496,” ucap Walikota Ibnu Sina.

Tradisi ziarah ke makam Sultan Suriansyah serta para bangsawan Kerajaan Banjar ditegaskan Ibnu Sina merupakan bentuk penghormatan dan memuliakan para pendiri Kota Banjarmasin.

BACA JUGA : Malam Tutup Buku catatan Amal Setahun, Masjid Sultan Suriansyah Memutih

“Mereka berjasa bagi Kota Banjarmasin. Semangat dan perjuangan mereka harus kita teladani,” kata Ibnu Sina.

Berawal dari Bandarmasih di Kampung Kuin hingga kini Banjarmasin berkembang menjadi sebuah kota besar di Indonesia ditegaskan Ibnu Sina, maka tidak boleh melupakan sejarah jati dirinya.

BACA JUGA : Beredar Spanduk Haramkan Menag Yaqut ke Kalsel, Banser Ingatkan Petuah Sultan Suriansyah

“Kita berharap berkah sesuai tema Hari Jadi Banjarmasin ke-496, Baiman, Bauntung, Batuah. Nah, berkah dari para alim ulama dan pendiri-pendiri Kota Banjarmasin kita harapkan. Semoga keberkahan itu selalu menyelimuti Kota Banjarmasin,” tutur mantan anggota DPRD Kalsel dari Fraksi PKS ini.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.